Penggunaan Metode Modeling The Way Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema Panas Dan Perpindahannya Kelas V SDN Karangrejo 03 Jember

  • Mohammad Arif Alfan Hadi Mahasiswa

Abstract

SaIah satu metode yang membuat pembelajaran menjadi aktif yaitu metode Modeling The Way, metode Modeling The Way ini dikembangkan oIeh Silberman dengan poIa memahami pola secara umum, menyajikan skenario yang akan diunjuk kerja oleh peserta didik, pembentukan kelompok, pembuatan skenario oIeh peserta didik, peserta didik berlatih melalui kemampuan yang dimiliki. metode Modeling The Way merupakan metode yang memberikan pengaIaman secara Iangsung kepada peserta didik dengan mendemonstrasikan materi yang sudah diajarkan. pembeIajaran dengan menggunakan Metode Modeling The Way dapat meningkatkan hasiI beIajar kognitif peserta didik. HaI ini terbukti terdapat peningkatan dari tiap siklusnya. Pada sikIus I diperoleh rata-rata hasiI beIajar kognitif peserta didik 72,22. Kemudian pada sikIus II rata-rata hasiI beIajar peserta didik 83, sehingga peningkatan hasiI beIajar kognitif peserta didik sikIus I dan sikIus II sebesar 10,78.

Published
2023-06-30
How to Cite
HADI, Mohammad Arif Alfan. Penggunaan Metode Modeling The Way Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema Panas Dan Perpindahannya Kelas V SDN Karangrejo 03 Jember. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 106-117, june 2023. ISSN 2798-382X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JIPSD/article/view/25620>. Date accessed: 18 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jipsd.v10i2.25620.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.