Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Prestasi dan Pemahaman Materi Ilmu Pengetahuan Alam pada Siswa Kelas VII MTSN 9 Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi dan penguasaan materi mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Penelitian yang dilakukan termasuk pada penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak tiga kali putaran. Pada pelaksanaannya tiap putaran terdiri atas empat tahapan yakni diantarannya: rencana (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Sasaran penelitian ditujukan pada siswa Kelas VIIF MTSN 9 Jember tahun pelajaran 2016/2017. Data yang didapatkan yakni berupa hasil tes, lembar observasi aktifitas belajar siswa. Dan didapatkan hasil data sebagai berikut: siklus I pertemuan ke 1 (64,00%), siklus II pertemuan ke 2 (76,00%), siklus III pertemuan ke 3 (88,00%). Kesimpulan penelitian ini adalah PBM pada pelajaran IPA pada Siswa Kelas VIIF MTSN 9 Jember tahun pelajaran 2016/2017 berdampak positif terhadap pembelajaran IPA yang dilakukan sehingga dapat meningkatkan prestasi dan penguasaan materi IPA oleh siswa, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran IPA di kelas untuk mengatasi permasalahan yang terjadi ketika pembelajaran berlangsung
Kata Kunci : Prestasi Belajar, Pembelajaran Berbasis Masalah, Pelajaran IPA.