Partisipasi Mahasiswa dalam Pembelajaran Kooperatif Berdasarkan Lesson Study

  • Lela Nur Safrida Universitas Jember
  • Reza Ambarwati Universitas Jember
  • Ermita Rizki Albirri Universitas Jember

Abstract

 


Partisipasi siswa memiliki peran penting dalam keberhasilan belajar. Partisipasi aktif siswa bisa mencapai tujuan belajar sehingga siswa bisa berprestasi akademik lebih baik. Partisipasi aktif dapat dipraktekkan dalam pembelajaran kooperatif dengan berdiskusi dalam kelompok atau kelas. Pembelajaran yang efektif dengan menggunakan pembelajaran kooperatif harus dirancang sebelum proses pembelajaran. Menurut analisis dan hasil refleksif, sebagian besar siswa di kelas telah mengikuti kegiatan belajar. Partisipasi aktif dikaitkan dengan berbicara atau memberikan pendapat, menjawab dan mengajukan pertanyaan untuk memberi ceramah atau memberikan komentar dalam diskusi di kelas. Di sisi lain, ada beberapa siswa yang pasif berpartisipasi dalam kegiatan belajar. Siswa tidak memberikan respon perilaku selama kelas. Siswa hanya perlu mendengarkan tanpa mencatat apapun.


Kata Kunci : Partisipasi, pembelajaran kooperatif, lesson study


 

Published
2017-12-20
How to Cite
SAFRIDA, Lela Nur; AMBARWATI, Reza; ALBIRRI, Ermita Rizki. Partisipasi Mahasiswa dalam Pembelajaran Kooperatif Berdasarkan Lesson Study. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 54-58, dec. 2017. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/6304>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i3.6304.
Section
Articles