Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Metode Demonstrasi dengan Media Sempoa Pada Anak Kelompok B1 di TK Amelia Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017

  • Putri Ratna Fauziyah Universitas Jember
  • Nanik Yuliati Universitas Jember
  • N Nuriman Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada anak kelompok B1 di TK Amelia Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Latar belakang diadakannya penelitian ini karena kegiatan pembelajaran yang digunakan guru kurang menarik, sehingga mengakibatkan kemampuan berhitung permulaan anak kelompok B1 belum berkembang dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak melalui metode demonstrasi dengan media sempoa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitiannya adalah anak kelompok B1 di TK Amelia Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember berjumlah 18 anak yang terdiri atas 10 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berhitung permulaan anak kelompok B1 di TK Amelia Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember mengalami peningkatan dengan kualifikasi sangat baik. Nilai rata-rata kelas pada pra siklus 64.21, siklus I pertemuan 1 79.86, siklus I pertemuan 2 85.07, dan siklus II meningkat menjadi 91.32.


 


Kata Kunci: kemampuan berhitung permulaan, demonstrasi media sempoa, penelitian tindakan kelas.


 

Published
2017-12-20
How to Cite
FAUZIYAH, Putri Ratna; YULIATI, Nanik; NURIMAN, N. Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Metode Demonstrasi dengan Media Sempoa Pada Anak Kelompok B1 di TK Amelia Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 45-48, dec. 2017. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/6301>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i3.6301.