Model Pembelajaran REACT (Relating,Experiencing,Applying,Cooperating, Transfering) disertai Media Video Kejadian Fisika Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika di SMA

  • Bayu Angga Dwi Cahyono Universitas Jember
  • S Sutarto Universitas Jember
  • I Ketut Mahardika Universitas Jember

Abstract


Penelitian ini berfokus pada implementasi model pembelajaran REACT (relating, experiencing, applying, cooperating, transfering) disertai media video kejadian fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh model terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar fisika siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Pakusari. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain post-test only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Pakusari semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Sampel diperoleh melalui cluster random sampling, XI MIPA 4 terpilih sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 3 terpilih sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Independent Samples T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran REACT (relating, experiencing, applying, cooperating, transfering) disertai video kejadian fisika berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Pakusari dan model pembelajaran REACT (relating, experiencing, applying, cooperating, transfering) disertai video kejadian fisika berpengaruh signifikan terhadap keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Pakusari. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran REACT (relating, experiencing, applying, cooperating, transfering) disertai media video kejadian fisika berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar fisika siswa di SMA Negeri Pakusari.


 


Kata Kunci : model pembelajaran REACT, video kejadian fisika, keterampilan proses sains, hasil belajar.


 

Published
2017-12-12
How to Cite
CAHYONO, Bayu Angga Dwi; SUTARTO, S; MAHARDIKA, I Ketut. Model Pembelajaran REACT (Relating,Experiencing,Applying,Cooperating, Transfering) disertai Media Video Kejadian Fisika Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 20-24, dec. 2017. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/6155>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i3.6155.
Section
Articles