Implementasi Pembelajaran Kooperatif NHT Menggunakan Media Hypertext Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Pencapaian Akademik Peserta Didik Mata Pelajaran Sejarah XI IPS di SMAN 1 Jenggawah

  • Aydha Vadillah Kurniawati Universitas Jember
  • Mohamad Na’im Universitas Jember
  • Bambang Soepeno Universitas Jember

Abstract


Dewasa ini, pengajaran mata pelajaran sejarah bagi siswa dituntut aktif dan kreatif, perlu adanya perbaikan yaitu penggunaan model pembelajaran kooperatif jenis NHT dengan media hypertext. Tujuannya adalah untuk menunjang pertumbuhan kreativitas dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Hopkins dengan 4 tahap setiap siklus yang dilakukan 3 siklus. Subyek penelitian adalah XI IPS 1 SMAN 1 Jenggawah dengan total 40 siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif. Kreativitas diukur dengan 4 indikator sementara hasil belajar diukur dari siklus uji akhir. Hasil penelitian kreativitas pada peserta didik adalah: berfikir lancar berfikir 70%, berpikir fleksibilitas 72%, berpikir asli 75%, memikirkan elaborasi 72%. Hasil pembelajaran pada siklus 1 52,5%, siklus 2 76,31%, siklus 3 82,05%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan media hypertext dapat meningkatkan kreativitas dan hasil pembelajaran sejarah. Manfaat dari penelitian ini terkait dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan media hypertext, kreativitas dan hasil belajar.

 


Kata Kunci: Kooperatif Learning tipe NHT, Media Hypertext, Kreatifitas, Pencapaian Akademik


 

Published
2017-12-08
How to Cite
KURNIAWATI, Aydha Vadillah; NA’IM, Mohamad; SOEPENO, Bambang. Implementasi Pembelajaran Kooperatif NHT Menggunakan Media Hypertext Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Pencapaian Akademik Peserta Didik Mata Pelajaran Sejarah XI IPS di SMAN 1 Jenggawah. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 10-14, dec. 2017. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/6047>. Date accessed: 16 sep. 2019. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i3.6047.
Section
Articles