Penerapan Model Pembelajaran Tematik dan Metode Bermain Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Ajar “Perkalian Bilangan Dua Angka” Siswa Kelas II SDN Dukuhmencek 03 Kabupaten Jember

  • Amsri Winarsih SDN Dukuhmencek 03 Jember

Abstract


Mata pelajaran Matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif, serta kemampuan bekerjasama. Kompetensi tersebut diperlukan agar peserta didik dapat memiliki kemampuan memperoleh, mengelola dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti dan kompetitif. Sekolah Dasar (SD) adalah merupakan sekolah formal yang pertama kali yang sangat menentukan untuk sekolah-sekolah jenjang berikutnya dan sangat menentukan pula perwujudan Pendidikan Nasional. Mengingat pentingnya Sekolah Dasar sangat perlu mendapat perhatian dan penanganan yang sungguh-sungguh. Walaupun telah banyak usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas jenjang pendidikan tersebut, akan tetapi sampai saat ini masih jauh dengan apa yang diharapkan oleh pemerintah .Adapun rumusan masalah daiam penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini adalah sebagai berikut : Penerapan Model Pembelajaran Tematik Dan Metode Bermain Apakah Dapat Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Ajar “ Perkalian Bilangan Dua Angka ” Siswa Kelas II SDN Dukuhmencek 03 Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2014/2015? Tujuan yang diharapkan dalam penelitian tindakan kelas (PTK) adalah, untuk meningkatkan ketrampilan guru , aktifitas siswa akan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran Tematik dan Metode Bermain Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Ajar “Perkalian Bilangan Dua Angka ” Siswa Kelas II SDN Dukuhmencek 03. Tehnik penngumpulan data menggunakan tes, obsevasi , catatan lapangaan dan dokumentasi . Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I rata – rata 62 dengan rincian siswa yang tuntas 41 % (11 anak) dan yang tidak tuntas 59 % (16 anak) , dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 79,6 dengan rincian yang tuntas 85 % (23 anak ) sedangkan yang tidak tuntas 15 % (4 anak). Data tersebut sudah memenuhi kriteria ketuntasan yang sudah ditetapkan yaitu 85 % .


 


Kata Kunci : Pembelajaran Tematik, Minat dan Hasil Belajar


 

Published
2017-07-20
How to Cite
WINARSIH, Amsri. Penerapan Model Pembelajaran Tematik dan Metode Bermain Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Ajar “Perkalian Bilangan Dua Angka” Siswa Kelas II SDN Dukuhmencek 03 Kabupaten Jember. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 34-37, july 2017. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/5088>. Date accessed: 21 june 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i1.5088.
Section
Articles