MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN PEMECAHAN MASALAH MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS V IBNU RUSDY SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN YOGYAKARTA

  • Anwar Kusuma Wardani Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran problem based learning dalam upaya meningkatkan kompetensi kolaborasi dan pemecahan masalah pada peserta didik kelas V Ibnu Rusdy SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta, mendeskripsikan peningkatan kompetensi kolaborasi dan pemecahan masalah peserta didik dari penerapan model pembelajaran problem based learning pada peserta didik kelas V Ibnu Rusdy SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) model Kurt Lewin. Ada empat tahap yang dilakukan pada penelitian ini yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi dan 4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada keterampilan kolaborasi peserta didik dimana pada pra siklus terdapat 10% peserta didik yang memerlukan bimbingan yang lebih banyak ketika berkolaborasi menjadi hanya 8,3% di siklus I dan mengalami perbaikan kembali di siklus II menjadi hanya 3,45%. Selain itu keterampilan pemecahan masalah peserta didik juga mengalami perbaikan dari pra siklus terdapat 20% peserta didik yang memerlukan pendampingan yang lebih banyak ketika memecahkan masalah menjadi 8,3% di siklus I dan mengalami perbaikan kembali di siklus II menjadi hanya 3,45%.

Published
2023-09-30
How to Cite
WARDANI, Anwar Kusuma. MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN PEMECAHAN MASALAH MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS V IBNU RUSDY SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN YOGYAKARTA. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 106-114, sep. 2023. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/46438>. Date accessed: 27 july 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v10i2.46438.