PEMANFAATAN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SMP NEGERI 21 SURABAYA
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pemanfaatan Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Siswa di SMP Negeri 21 Surabaya”. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Memahami serta menganalisis sarana dan prasarana apa saja yang ada di SMP Negeri 21 Surabaya; 2) Mengetahui program apa saja yang diterapkan di SMP Negeri 21 Surabaya yang dapat membentuk karakter siswa;3) Untuk mengetahui peran guru dalam mewu-judkan pendidikan karakter dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada di SMP Negeri 21 Surabaya 4) Untuk mengetahui kendala apa saja dalam mengem-bangankan sarana dan prasarana yang ada di SMP negeri 21 Surabaya. Penelitian ini menggunakan dua pendekatan metode yaitu metode wawancara dan metode observasi.
Kata Kunci: Pemanfaatan, Pendidikan Karakter, Sarana Prasarana