PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

  • Renal Heldi Setiawan Universitas Jember
  • Arif Fatahillah Universitas Jember
  • Arika Indah Kristiana Universitas Jember
  • S Susanto Universitas Jember
  • Robiatul Adawiyah Universitas Jember

Abstract

Dalam pembelajaran matematika penggunaan media belajar terutama pada materi bangun ruang sisi datar masih menggunakan media konvensional yang kurang diminati dan dipahami oleh siswa, dari masalah tersebut maka peneliti ingin membuat media dengan teknologi Augmented Reality (AR) berbasis android yang dapat menghasilkan objek 3D dengan tujuan agar siswa dapat memvisualisasikan dan bisa lebih mengerti konsep bangun ruang sisi datar. Aplikasi bangun ruang sisi datar (BARSITAR) ini dibangun menggunakan beberapa tools yaitu blender, unity 3D dan Vuforia. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan model pengembangan media pembelajaran 4D yang tersusun dari 4 langkah, adalah Define (Pendefinisian) pada tahap ini data diperoleh dengan melaksanakan wawancara pada pengajar pelajaran matematika di SMP Muhammadiyah 1 Jember, Design (Perancangan) dirancang menggunakan Star UML, Development (Pengembangan) ini dibuat dengan aplikasi Unity 2021, Disseminate (Penyebaran) diterapkan pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Jember. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa aplikasi bangun ruang sisi datar (BARSITAR) layak dan dapat digunakan dengan baik oleh siswa SMP Muhammadiyah 1 Jember.


Kata kunci: Augmented Reality, Android, Bangun Ruang Sisi Datar, Motivasi Belajar.

Published
2023-09-30
How to Cite
SETIAWAN, Renal Heldi et al. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 70-77, sep. 2023. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/45866>. Date accessed: 30 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v10i2.45866.