Kecerdasan Visual-Spasial Siswa SMP Berdasarkan Teori Hass Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Geometri kelas IX-A SMP Negeri 1 Jember

  • Puspita Maya Margaretha Universitas Jember
  • S Susanto Universitas Jember
  • Arif Fatahillah Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kecerdasan visual-spasial siswa SMP berdasarkan Teori Hass ditinjau dari tingkat kemampuan geometri siswa kelas IX-A SMP Negeri 1 Jember. Instumen yang digunakan adalah lembar soal kemampuan geometri, lembar penyusunan indikator kecerdasan visual-spasial, lembar soal kecerdasan visual-spasial, pedoman wawancara, rubrik penilaian, dan lembar validasi. Penelitian ini menggunakan Teori Hass yang menggolongkan karakteristik kecerdasan visual-spasial atas pengimajinasian, pengkonsepan, penyelesaian masalah dan penemuan pola. Pendeskripsian dilakukan dengan menjelaskan karakteristik kecerdasan visual-spasial subjek dengan indikator dalam penelitian ini menggolongkan karakteristik kecerdasan visual-spasial menjadi 12 level, dengan keterangan level 1 adalah level tertinggi dan level 12 adalah level terendah. Kecerdasan visual-spasial siswa yang mempunyai kemampuan geometri tinggi dengan 3 subjek, tergolong pada level 1 hingga 5, dengan kebanyakan subjek berada pada level 1. Persentase pencapaian karakteristik pengimajinasian, pengkonsepan, penyelesaian masalah, dan penemuan pola subjek ini berada diantara 65,5% hingga 100% dengan kebanyakan mencapai 100%. Kecerdasan visual-spasial siswa yang mempunyai kemampuan geometri sedang dengan 3 subjek, tergolong pada level 1 hingga 5, dengan kebanyakan subjek berada pada level 1 dan 4. Persentase pencapaian karakteristik pengimajinasian, pengkonsepan, penyelesaian masalah, dan penemuan pola subjek berada diantara 64,3% hingga 100%. Kecerdasan visual-spasial siswa yang mempunyai kemampuan geometri rendah dengan 3 subjek, tergolong pada level 1 hingga 10. Persentase pencapaian karakteristik pengimajinasian, pengkonsepan, penyelesaian masalah, dan penemuan pola subjek ini berada diantara 38,7% hingga 100%.


 


Kata Kunci: Kemampuan Geometri, Kecerdasan Visual-Spasial, Teori Hass

Published
2015-11-01
How to Cite
MAYA MARGARETHA, Puspita; SUSANTO, S; FATAHILLAH, Arif. Kecerdasan Visual-Spasial Siswa SMP Berdasarkan Teori Hass Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Geometri kelas IX-A SMP Negeri 1 Jember. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 2, n. 3, p. 12-16, nov. 2015. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/4362>. Date accessed: 05 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v2i3.4362.
Section
Articles