Aspek Religius dalam Kumpulan Puisi “Kupeluk Kau di Ujung Ufuk” Karya Akhmad Taufiq dan Pemanfaatannya Sebagai Alternatif Materi Pembelajaran Sastra di SMP

  • Puput Mairochma Universitas Jember
  • Endang Sri Widayati Universitas Jember
  • Furoidatul Husniah Universitas Jember

Abstract

Kumpulan puisi KKDUU dipilih sebagai objek penelitian, karena kumpulan puisi KKDUU menghadirkan refleksi hidup yang religius (akidah, syariat, dan akhlak) dan memuat pelajaran berharga mengenai gambaran sikap dan etika dalam beragama. Selain itu, diksi yang tercermin dalam kumpulan puisi KKDUU ini disajikan dengan menarik yang berkenaan dengan akidah dan akhlak, serta tema yang terkandung di dalam puisi ini berkaitan dengan tema ketuhanan dan kemanusiaan. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekaan interpretatif. Setelah dilakukakan penelitian diperoleh hasil bahwa dalam kumpulan puisi KKDUU memuat unsur diksi yang berkaitan dengan akidah dan akhlak, serta tema yang tercermin berkaitan dengan tema ketuhanan dan kemanusiaan yang digunakan untuk mengajak pembaca merenungkan kehidupan dan merenungkan Tuhan. Aspek religius dalam kumpulan puisi KKDUU ditemukan data berupa: (1) akidah yang berupa keyakinan terhadap Allah, Malaikat, Nabi dan Rasul, alam barzah, surga, dan takdir Allah; (2) Aspek syariat, yang berupa pelasaknaan dalam berdoa; (3) Aspek akhlak, yang berupa beribadah, berdoa, berdzikir, bersikap sabar, menjaga kasih sayang dengan keluarga. Ketiga aspek religius tersebut saling berkaitan yang tidak dapat dipisahkan. Hasil penelitian tentang aspek religius tersebut dapat dimanfaatkan sebagai alternatif materi pembelajaran sastra kelas VII Semester 2 SMP dengan KD 13.2 merefleksi isi puisi yang dibacakan.


 


Kata Kunci :religius, akidah, syariat, dan akhlak

Published
2015-11-01
How to Cite
MAIROCHMA, Puput; SRI WIDAYATI, Endang; HUSNIAH, Furoidatul. Aspek Religius dalam Kumpulan Puisi “Kupeluk Kau di Ujung Ufuk” Karya Akhmad Taufiq dan Pemanfaatannya Sebagai Alternatif Materi Pembelajaran Sastra di SMP. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 2, n. 3, p. 5-11, nov. 2015. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/4322>. Date accessed: 05 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v2i3.4322.
Section
Articles