Penerapan Model Pembelajaran Genius Learning dengan Metode Eksperimen dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Biologi

  • Sony Tyo Prayoga Universitas Jember
  • S Suratno Universitas Jember
  • Sulifah Aprilya H Universitas Jember

Abstract

Hasil observasi awal menunjukkan bahwa guru menggunakan metode ceramah. Metode ini menjadikan guru sebagai pusat pembelajaran sehingga siswa cenderung hanya mendengarkan tanpa adanya stimulus yang mendorong interaksi antar siswa dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran yang mampu mendorong siswa untuk berinteraksi dan aktif pada proses pembelajaran, serta dapat membentuk siswa untuk bekerja sama adalah Genius Learning (GL) dengan metode eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA biologi siswa menggunakan Model Pembelajaran Genius Learning dengan metode eksperimen pada materi pokok bahasan Ekosistem kelas VII B di SMP Negeri 2 Jenggawah, Jember. Dalam penelitian ini analisis data yang dilakukan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis pada penelitian ini antara lain aktivitas dan hasil belajar Biologi yang diperoleh dari hasil pembelajaran melalui penerapan Genius Learning (GL) dengan menggunakanmetode eksperimen. Penilaian meliputi penilaian aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar ranah kognitif. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan model Genius Learning (GL)dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus sebesar 52% dan pada siklus I menjadi 68% mengalami peningkatan sebesar 16%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 75%. Peningkatan aktivitas dari pra siklus ke siklus II sebesar 23%. Hasil belajar ranah kognitif juga mengalami peningkatan dari pra siklus sebesar 55% dengan nilai rata-rata 67,2 dan pada siklus I menjadi 72,5% dengan nilai rata-rata 72,3, sedangkan pada siklus II ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 82,5% dengan nilai rata-rata 76,4.


 


Kata kunci: Model Genius Learning (GL), metode eksperimen, aktivitas, hasil belajar

Published
2015-11-01
How to Cite
TYO PRAYOGA, Sony; SURATNO, S; APRILYA H, Sulifah. Penerapan Model Pembelajaran Genius Learning dengan Metode Eksperimen dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Biologi. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 2, n. 3, p. 1-4, nov. 2015. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/4321>. Date accessed: 05 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v2i3.4321.
Section
Articles