Penalaran Logis dalam Memecahkan Masalah Matematika Pokok Bahasan Aritmatika Sosial pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Jember

  • Lizza Ulfa Fauziah Universitas Jember
  • H Hobri Universitas Jember
  • Ervin Oktavianingtyas Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini berhubungan dengan Penalaran Logis dalam Memecahkan Masalah Matematika Pokok Bahasan Aritmatika Sosial pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penalaran logis siswa dalam memecahkan masalah matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan ialah tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, dalam memecahkan permasalahan dari tes penalaran logis pokok bahasan aritmatika, kecenderungan siswa mampu memenuhi keseluruhan indikator penalaran logis. Siswa mampu melakukan setiap tahapan penalaran logis dengan baik. Indikator penalaran logis yang dimaksud yaitu siswa mampu mengumpulkan fakta, siswa mampu membangun dan menetapkan asumsi, siswa mampu menilai atau menguji asumsi, siswa mampu menetapkan generalisasi, siswa mampu membangun argumen yang mendukung, siswa mampu memeriksa atau menguji kebenaran argumen, dan siswa mampu menetapkan kesimpulan.


 


Kata Kunci: Aritmatika Sosial, Memecahkan Masalah, Penalaran Logis.

Published
2016-03-01
How to Cite
ULFA FAUZIAH, Lizza; HOBRI, H; OKTAVIANINGTYAS, Ervin. Penalaran Logis dalam Memecahkan Masalah Matematika Pokok Bahasan Aritmatika Sosial pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Jember. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 15-17, mar. 2016. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/4314>. Date accessed: 06 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v3i1.4314.
Section
Articles