Pengaruh Model Integrasi Mind Map dan Question Student Have terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Biologi Kelas VII SMP Negeri 10 Jember

  • Binti Azizatul Khoiriyah Universitas Jember
  • S Suratno Universitas Jember
  • Siti Murdiyah Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model integrasi mind map dan question student have terhadap keterampilan berpikir krtis dan hasil belajar IPA biologi kelas VII SMPN 10 Jember. Bentuk penelitian ini adalah quasi eksperimen (eksperimen semu). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, dan metode tes (pre-test dan post-test). Data diambil dari dua kelas homogen untuk menentukan kelas kontrol dan eksperimen, yaitu kelas VII G dan VII H. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik Anakova dan Uji Independent Sample t-test. Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh model integrasi mind map dan question student have terhadap keterampilan berpikir krtis dan hasil belajar IPA biologi kelas VII SMPN 10 Jember tahun pelajaran 2014/2015.


 


Kata kunci:Mind Map, Question Student Have,  berpikir kritis, dan hasil belajar.

Published
2015-07-01
How to Cite
AZIZATUL KHOIRIYAH, Binti; SURATNO, S; MURDIYAH, Siti. Pengaruh Model Integrasi Mind Map dan Question Student Have terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Biologi Kelas VII SMP Negeri 10 Jember. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 51-57, july 2015. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/4306>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v2i2.4306.
Section
Articles