Tingkat Berpikir Geometri Siswa Kelas VII-B SMP Negeri 1 Jember Materi Segiempat Berdasarkan Teori van Hiele ditinjau dari Hasil Belajar Matematika

  • Mika Wahyuning Utami Universitas Jember
  • Toto Bara Setiawan Universitas Jember
  • Ervin Oktavianingtyas Universitas Jember

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan tingkat berpikir geometri siswa kelas VII-B SMP Negeri 1 Jember berdasarkan teori van Hiele yang ditinjau dari hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif . Berdasarkan hasil analisis jawaban soal tes dan hasil wawancara diperoleh tingkat berpikir geometri van Hiele pada siswa kelas VII-B SMP N 1 Jember secara umum mencapai tingkat 3 yaitu deduksi, namun mayoritas siswa memiliki tingkat berpikir geometri van Hiele pada tingkat 2 yaitu deduksi informal. Siswa yang mencapai tingkat 3. Siswa dengan hasil belajar tinggi dapat mencapai tingkat 3 sebanyak 4 siswa, tingkat 2 sebanyak 9 siswa, dan tingkat 1 sebanyak 2 siswa, sehingga siswa dengan hasil belajar tinggi cenderung memiliki tingkat berpikir van Hiele pada tingkat 2.Siswa dengan hasil belajar sedang dapat mencapai tingkat 3 sebanyak 1 siswa, tingkat 2 sebanyak 12 siswa, tingkat 1 sebanyak 1 siswa, dan tingkat 0 sebanyak 3 siswa, sehingga siswa dengan hasil belajar sedang cenderung memiliki tingkat berpikir van Hiele pada tingkat 2.Siswa dengan hasil belajar rendah dapat mencapai tingkat 2 sebanyak 1 siswa, tingkat 1 sebanyak 1 siswa, dan tingkat 0 sebanyak 1 siswa, sehingga siswa dengan hasil belajar rendah memiliki tingkat berpikir geometri van Hiele yang bervariasi.


 


Kata Kunci: Tingkat Berpikir Geometri, van Hiele, Segiempat, Hasil Belajar

Published
2016-07-01
How to Cite
UTAMI, Mika Wahyuning; SETIAWAN, Toto Bara; OKTAVIANINGTYAS, Ervin. Tingkat Berpikir Geometri Siswa Kelas VII-B SMP Negeri 1 Jember Materi Segiempat Berdasarkan Teori van Hiele ditinjau dari Hasil Belajar Matematika. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 43-47, july 2016. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/3529>. Date accessed: 24 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v3i2.3529.