Peningkatan Kemampuan Berhitung Pada Anak Kelompok B Melalui Permainan Kartu Angka di TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016

  • Qoyumil Hikmah Universitas Jember
  • Misno A Lathif Universitas Jember
  • K Khutobah Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena kegiatan pembelajaran di kelas yang masih belum efektif, akibatnya kemampuan berhitung pada anak kelompok B relatif belum baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada anak melalui permainan kartu angka. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitiannya adalah anak kelompok B berjumlah 30 anak yang terdiri atas 15 anak laki-laki dan 15 anak perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berhitung pada anak kelompok B mengalami peningkatan dengan kualifikasi sangat baik. Nilai rata-rata kelas pada pra siklus 58,3, pada siklus I 69,9, dan pada siklus II meningkat menjadi 82,7.


 


Kata Kunci:Kemampuan Berhitung, Permainan Kartu Angka.

Published
2016-07-01
How to Cite
HIKMAH, Qoyumil; LATHIF, Misno A; KHUTOBAH, K. Peningkatan Kemampuan Berhitung Pada Anak Kelompok B Melalui Permainan Kartu Angka di TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 39-42, july 2016. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/3528>. Date accessed: 08 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v3i2.3528.
Section
Articles