Pengembangan Paket Tes Matematika Berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas X TKJ SMK Materi Sistem Persamaan Linier

  • Cici Fitri Lestari Universitas Jember
  • Arika Indah Kristiana Universitas Jember
  • Dian Kurniati Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan paket tes matematika berbasis kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas X TKJ SMK materi sistem persamaan linier. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada langkah-langkah pengembangan tipe formative research yang dikembangkan oleh Tessmer. Pada penelitian ini dihasilkan 2 paket tes, yaitu paket A dan paket B. Sebelum paket tes ini diujikan, pertama-tama dilakukan penilaian oleh 3 validator. Dari hasil penilaian para ahli ini diperoleh koefisien validitas sebesar 2,741 untuk paket A dan 2,753 untuk paket B. Selain paket tes divalidasi oleh validator, paket tes juga diberikan pada beberapa siswa kelas X TKJ untuk dilakukan uji keterbacaan. Tahap selanjutnya adalah field test atau uji coba paket tes di lapangan. Hasil dari uji coba di lapangan ini dianalisis. Analisis yang dilakukan adalah uji reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran. Pada paket A menunjukkan reliabilitas tinggi dengan koefisien 0,622, sedangkan pada paket B koefisien reliabilitas sebesar 0,813 dengan interpretasi sangat tinggi. Hasil analisis daya pembeda pada paket A menunjukkan 1 butir soal dengan kategori cukup, 1 butir soal dengan kategori baik sekali dan 1 butir soal dengan kategori jelek. Sedangkan hasil analisis daya pembeda pada paket B menunjukkan 1 butir soal dengan kategori cukup, 1 butir soal dengan kategori baik sekali dan 1 butir soal dengan kategori baik. Hasil analisis tingkat kesukaran pada paket A menunjukkan 1 butir soal dengan level mudah, 1 butir soal dengan level sedang dan 1 soal dengan level sangat sulit. Sedangkan hasil analisis tingkat kesukaran pada paket B menunjukkan 2 butir soal dengan level sedang, dan 1 soal dengan level sangat mudah. Berdasarkan hasil penelitian dihasilkan paket tesyang sesuai dengan kriteria kualitas tes yang telah ditetapkan.


 


Kata Kunci:Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Revisi Taksonomi Bloom

Published
2016-07-01
How to Cite
LESTARI, Cici Fitri; KRISTIANA, Arika Indah; KURNIATI, Dian. Pengembangan Paket Tes Matematika Berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas X TKJ SMK Materi Sistem Persamaan Linier. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 34-38, july 2016. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/3527>. Date accessed: 09 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v3i2.3527.
Section
Articles