Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif berbasis Lesson Study terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

  • Mia Roosmalisa Dewi Universitas Jember
  • Imam Mudakir Universitas Jember
  • Siti Murdiyah Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kolaboratif berbasis lesson study terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Bentuk penelitian ini adalah quasi experiment (eksperimen semu). Teknik pengumpulan data meggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Desain penelitian ini menggunakan post-test only control group design, pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, subjek dipilih secara random yang sebelumnya dilakukan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kolaboratif berbasis lesson study berpengaruh secara signifikan dengan probabilitas sebesar (p=0,000) terhadap berpikir krtitis siswa dengan rata-rata kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen sebesar 72,56 (±10,16) sedangkan kemampuan berpikir kritis kelas kontrol sebesar 60,52 (±11,96). Berdasarkan analisis kriteria, kelas eksperimen memiliki kriteria kemampuan berpikir kritis tinggi sedangkan kelas kontrol memiliki kriteria kemampuan berpikir kritis rendah.


 


Kata Kunci: pembelajaran kolaboratif, lesson study, berpikir kritis.

Published
2016-07-01
How to Cite
DEWI, Mia Roosmalisa; MUDAKIR, Imam; MURDIYAH, Siti. Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif berbasis Lesson Study terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 29-33, july 2016. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/3526>. Date accessed: 09 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v3i2.3526.
Section
Articles