Pengaruh Pendekatan Saintifik dengan Teknik Mind Mapping terhadap Keterampilan Proses Dasar dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Tanggul Jember

  • Isnainiyah Raudhatin Kharimah Universitas Jember
  • S Suratno Universitas Jember
  • P Pujiastuti Universitas Jember

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan pendekatan saintifik dengan teknik mind mapping terhadap keterampilan proses dasar, dan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen yang menerapkan pendekatan saintifik dengan teknik mind mapping di kelas eksperimen dan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas kontrol. Teknik analisis data terhadap keterampilan proses dasar dan hasil belajar afektif yaitu dengan Independent t-test, serta hasil belajar kognitif siswa yaitu dengan ANAKOVA. Dari hasil penelitian pada kelas eksperimen, perlakuan terdapat perbedaan terhadap keterampilan proses dasar siswa dengan nilai (p) < 0,05. Rerata keterampilan proses dasar kelas eksperimen lebih tinggi yakni mengamati 3,8, memprediksi 2,4, mengukur 3,7, menyimpulkan 3,0 dan mengkomunikasikan 3,2 sedangkan rerata siswa kelas kontrol yakni mengamati 2,9, memprediksi 1,5, mengukur, 3,4, menyimpulkan 1,3 dan mengkomunikasikan 2,3. Penggunaan pendekatan saintifik dengan teknik mind mapping terhadap hasil belajar kognitif berpengaruh secara signifikan dengan nilai probabilitas lebih kecil dari 0,05 (p=0,000<0,05). Selisih rerata pre-test dengan post-test hasil belajar kognitif siswa sebesar 41,31 pada kelas eksperimen dan sebesar 31,89 pada kelas kontrol, sedangkan rerata hasil belajar afektif pada kelas eksperimen sebesar 99,64 dan hasil belajar afektif pada kelas kontrol sebesar 86,64. Hasil penelitian kuasi eksperimen menunjukkan bahwa pendekatan saintifik dengan teknik mind mapping berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan proses dasar dan hasil belajar siswa.


 


Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, mind mapping, keterampilan proses dasar, hasil belajar

Published
2016-12-18
How to Cite
KHARIMAH, Isnainiyah Raudhatin; SURATNO, S; PUJIASTUTI, P. Pengaruh Pendekatan Saintifik dengan Teknik Mind Mapping terhadap Keterampilan Proses Dasar dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Tanggul Jember. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 3, n. 3, p. 30-34, dec. 2016. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/3519>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v3i3.3519.
Section
Articles