Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Pemanfaatan Barang Bekas Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA di MTs Kecamatan Jenggawah

  • Maulidyah Alawiyah Universitas Jember
  • S Sudarti Universitas Jember
  • Trapsilo Prihandono

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran project based learning berbasis pemanfaatan barang bekas terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar IPA di MTs Kecamatan Jenggawah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen-semu dengan penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling area. Hasil penelitian pertama berupa skor sikap ilmiah dari masing-masing siswa dengan rata-rata skor sikap ilmiah siswa kelas eksperimen sebesar 73,44 dan rata-rata skor sikap ilmiah kelas kontrol sebesar 48,18, sedangkan hasil uji independent t-sample sebesar 0,000. Hasil penelitian kedua berupa nilai post-test sebagai indikator hasil belajar. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 67,29 sedangkan rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 51,00, selanjutnya, hasil uji independent t-sample sebesar 0,000.


 


Kata Kunci model pembelajaran project based learning berbasis pemanfaatan barang bekas,sikap ilimiah dan hasil belajar.

Published
2015-03-01
How to Cite
ALAWIYAH, Maulidyah; SUDARTI, S; PRIHANDONO, Trapsilo. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Pemanfaatan Barang Bekas Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA di MTs Kecamatan Jenggawah. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 37-40, mar. 2015. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/3512>. Date accessed: 13 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v2i1.3512.