Analisis Proses Berpikir Siswa Tuna Grahita Ringan Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Pembagian di SMP Inklusi TPA Jember

  • Finda Dwi Permatahati Universitas Jember
  • S Susanto Universitas Jember
  • Dian Kurniati Universitas Jember

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa tuna grahita ringan kelas VIII dalam menyelesaikan masalah pembagian.Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain tes, wawancara, dan triangulasi. Subjek penelitian adalah dua siswa tuna grahita ringan. Dalam penelitian ini analisis data yang dilakukan menggunakan analisis deskriptif. Data yang dianalisis pada penelitian ini antara lain lembar kerja siswa setelah mengerjakan maslah pembagiandan hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti terhadap subjek penelitian. Hasil penelitian berdasarkan indikator proses berpikir sesuai dengan tahapan Piaget. Siswa dikatakan mengalamai diequilibrium (tidak setimbang)ketika siswa hanya diam dan tidak melakukan apa pun ketika peneliti bertanya tentang angka, operasi hitung yang digunakan pada masalah, menyebutkan apa yang diketahui dan ditanya dari masalah, dan hanya diam atau mengatakan “tidak tahu” ketika diberi petunjuk untuk memperagakan masalah menggunakan alat peraga. Siswa dikatakan mengalami asimilasi ketika siswa dengan spontan menjawab pertanyaan dari peneliti baik benar atau salah tentang angka, operasi hitung yang digunakan pada masalah, menyebutkan apa yang diketahui dan ditanya dari masalah, dan memperagakan masalah dengan alat peraga. Siswa dikatakan mengalami akomodasi ketika siswa diam sesaat sebelum menjawab dengan benar pertanyaan peneliti tentang angka, operasi hitung yang digunakan pada masalah, menyebutkan apa yang diketahui dan ditanya, serta memperagakan dengan baik masalah dengan alat peraga. Pada akhirnya siswa dikatakan telah mengalami equilibrium ketika siswa dapat menjawab dengan baik pertanyaan peneliti tentang angka, operasi hitung yang digunakan pada masalah, menyebutkan apa yang diketahui dan ditanya, menceritakan kembali masalah dengan bahasanya sendiri, menyelesaikan masalah dengan benar dan mengaitkannya dengan pengurangan.


Kata kunci : proses berpikir, tuna grahita ringan, pembagian.

Published
2015-03-01
How to Cite
PERMATAHATI, Finda Dwi; SUSANTO, S; KURNIATI, Dian. Analisis Proses Berpikir Siswa Tuna Grahita Ringan Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Pembagian di SMP Inklusi TPA Jember. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 27-31, mar. 2015. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/3510>. Date accessed: 03 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v2i1.3510.
Section
Articles