Pengembangan LKS Biologi Berbasis PQ4R dalam Meningkatkan Metakognisi dan Hasil Belajar (Sub Pokok Bahasan Sistem Saraf Manusia di MAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015)

  • Arini Dwi Larasatining Retnowati Universitas Jember
  • S Suratno Universitas Jember
  • Dwi Wahyuni Universitas Jember

Abstract

Pesatnya dunia pendidikan saat ini, menuntut adanya pemberdayaan keterampilan yang dapat mengkonstruk suatu pengetahuan, sebagai salah satu cara menyesuaikan diri menghadapi zaman yang semakin maju melalui bahan ajar dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas dan hasil uji coba LKS biologi berbasis PQ4R yang dapat mengembangkan metakognisi dan hasilbelajar (sub pokok bahasan sistem saraf manusia di MAN 2 Jember tahun pelajaran 2014/2015).Bentuk penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dilanjutkan dengan uji produk. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, data validitas, pengukuran metakognisi, dan tes. Rancangan penelitian ini menggunakan pretest – posttest non equivalen group design, subjek penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif serta Uji Paired Sample t-test. Hasil analisis data menunjukkan LKS biologi berbasis PQ4R dapat meningkatkan metakognisi dan hasil belajar pada sub pokok bahasan sistem saraf manusia di MAN 2 Jember tahun pelajaran 2014/2015.


 


Kata Kunci: LKS, PQ4R, metakognisi dan hasil belajar.

Published
2015-07-01
How to Cite
RETNOWATI, Arini Dwi Larasatining; SURATNO, S; WAHYUNI, Dwi. Pengembangan LKS Biologi Berbasis PQ4R dalam Meningkatkan Metakognisi dan Hasil Belajar (Sub Pokok Bahasan Sistem Saraf Manusia di MAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015). Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 33-38, july 2015. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/3508>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v2i2.3508.