Pengaruh Model Pembelajaran Resource Based Learning (RBL) Dikombinasikan dengan Snowball Throwing terhadap Metakognisi dan Hasil Belajar Biologi

  • Risa Febriani Universitas Jember
  • S Suratno Universitas Jember
  • Kamalia Fikri Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Resource Based Learning dikombinasikan dengan Snowball Throwing terhadap metakognisi dan hasil belajar biologi. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen (eksperimen semu). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, dan metode tes (pretest dan postest desain), pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen¸ subyek dipilih secara random sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji Anakova untuk hasil belajar kognitif dan Uji Independent Sample T-Test untuk hasil belajar afektif, sementara untuk metakognisi diolah dengan menggolongkan dalam kriteria nilai sesuai dengan acuan yang berlaku dalam rating scale kesadaran metakognitif. Kesimpulan dari penelitian ini yakni model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) dikombinasikan dengan Snowball Throwing berpengaruh terhadap metakognisi siswa, lalu terdapat pengaruh model pembelajaran Resource Based Learning dikombinasikan dengan Snowball Throwing terhadap hasil belajar kognitif siswa, serta terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan diterapkannya model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) dikombinasikan dengan Snowball Throwing terhadap hasil belajar afektif siswa.


 


Kata kunci:Resource Based Learning, Snowball Throwing, Metacognisi dan hasil belajar(hasil belajar kognitif dan hasil belajar afektif siswa).

Published
2015-07-01
How to Cite
FEBRIANI, Risa; SURATNO, S; FIKRI, Kamalia. Pengaruh Model Pembelajaran Resource Based Learning (RBL) Dikombinasikan dengan Snowball Throwing terhadap Metakognisi dan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 26-32, july 2015. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/3507>. Date accessed: 08 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v2i2.3507.
Section
Articles