Penerapan Metode Praktikum dan Strategi Rotating Trio Exchange (RTE) dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Biologi (Kelas VIII SMP Negeri 1 Jelbuk Tahun Pelajaran 2014/2015)

  • Friska Oktaviana Universitas Jember
  • S Suratno Universitas Jember
  • Sulifah Aprilya Hariani Universitas Jember

Abstract

Hasil observasi awal menunjukkan bahwa guru menggunakan metode ceramah. Metode ini menjadikan guru sebagai pusat pembelajaran sehingga siswa cenderung hanya mendengarkan tanpa adanya stimulus yang mendorong interaksi antar siswa dalam proses pembelajaran. Strategi pembelajaran yang mampu mendorong siswa untuk berinteraksi dan aktif dalam pembelajaran adalah strategi Rotating Trio Exchange (RTE) dan metode praktikum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode praktikum dan strategi Rotating Trio Exchange (RTE) pada Mata Pelajaran IPA-Biologi sub bahasan Struktur dan Fungsi Jaringan pada Tumbuhan dan Fotosintesis kelas VIII SMP Negeri 1 Jelbuk Jember. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan kolaborasi dalam rangkaian kegiatan (plan, do, dan see). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Dalam penelitian ini analisis data yang dilakukan menggunakan analisis deskriptif kualitatif.. Data yang dianalisis pada penelitian ini antara lain aktivitas dan hasil belajar IPA Biologi yang diperoleh dari hasil pembelajaran melalui penerapan metode praktikum dan strategi Rotating Trio Exchange (RTE). Penilaian meliputi penilaian aktivitas siswa, hasil belajar ranah kognitif, psikomotor dan afektif siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan metode praktikum dan startegi Rotating Trio Exchange (RTE) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada aktivitas bertanya dan menjawab pertanyaan mencapai nilai 85, bekerjasama 87, diskusi 90,75, dan menyampaikan pendapat 81. Hasil belajar siswa ranah kognitif juga mengalami peningkatan dari rerata nilai 62,5 pada pra siklus mencapai nilai 73 pada siklus I dan 81,15 pada siklus II.


 


Kata kunci : praktikum, strategi RTE, aktivitas, hasil belajar

Published
2016-11-22
How to Cite
OKTAVIANA, Friska; SURATNO, S; HARIANI, Sulifah Aprilya. Penerapan Metode Praktikum dan Strategi Rotating Trio Exchange (RTE) dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Biologi (Kelas VIII SMP Negeri 1 Jelbuk Tahun Pelajaran 2014/2015). Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 5-10, nov. 2016. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/3403>. Date accessed: 03 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v2i1.3403.
Section
Articles