Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pokok Bahasan Dunia Tumbuhan (Plantae) Kelas X SMA Negeri 1 Jenggawah

  • Rita Sulvianti Universitas Jember
  • Sulifah Aprilya Hariani Universitas Jember
  • Iis Nur Asiyah Universitas Jember

Abstract

Tujuan kurikulum 2013 yaitu pada pencapaian kompetensi dalam pembelajaran yang menunjang keberhasilan proses pembelajaran. Perencanaan tujuan yang dilakukan dengan mengembangkan bahan ajar pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013 pada materi dunia tumbuhan (Plantae). Pengembangan bahan ajar pembelajaran berbasis model Problem Based Learning (PBL) yang pembelajarannya berfokus pada masalah. Pengembangan bahan ajar dikembangkan dengan tahapan model pengembangan Dick & Carey yang terdiri dari delapan tahapan. Produk bahan ajar dengan nilai validasi buku siswa 3,5 dengan kategori valid. Hasil uji tingkat keterbacaan dan kesulitan buku siswa sebesar 85,19 %. Hasil aktivitas siswa sebesar 76,13%, kenaikan nilai kognitif sebesar 65,4 %, nilai afektif rata-rata sebesar 78%, nilai psikomotor sebesar 98,95% dan hasil angket respon siswa sebesar 87,63%. Berdasarkan hasil tersebut dikatakan bahwa pengembangan bahan ajar pembelajaran biologi sudah baik dan mampu diterapkan pada pembelajaran di kelas.


 


Kata Kunci : bahan ajar biologi, dunia tumbuhan (Plantae), kurikulum 2013,model Problem Based Learning (PBL), model pengembangan Dick & Carey

Published
2014-11-01
How to Cite
SULVIANTI, Rita; HARIANI, Sulifah Aprilya; ASIYAH, Iis Nur. Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pokok Bahasan Dunia Tumbuhan (Plantae) Kelas X SMA Negeri 1 Jenggawah. Jurnal Edukasi, [S.l.], p. 36-41, nov. 2014. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/3399>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v1i1.3399.
Section
Articles