Analisis Keterampilan Guru Dalam Komunikasi Dengan Peserta Didik Di SMA Negeri Tegaldlimo Banyuwangi

  • Muhamad Rosid SMAN Tegaldlimo Banyuwangi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kompetensi guru dalam berkomunikasi dengan siswa yang memiliki kompetensi asopek pedagogis untuk guru di SMA Negeri Banyuwangi Tegaldlimo. Sampel penelitian ini adalah semua guru di SMA Negeri Banyuwangi Tegaldlimo, 48 guru yang terdiri dari 20 laki-laki dan 28 perempuan, 31 PNS dan 17 PNS. Penelitian ini adalah penelitian survei menggunakan kuesioner dan metode wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, skor rata-rata keterampilan komunikasi untuk guru laki-laki adalah 69% dan untuk guru perempuan adalah 72,5%, dan secara umum keterampilan guru dengan status PNS dalam berkomunikasi dengan siswa lebih baik daripada guru dengan non-PNS PNS. status. Kesimpulan: 1) Keterampilan guru dalam berkomunikasi dengan siswa di SMA Negeri Tegaldlimo pada umumnya berada dalam kisaran kriteria yang baik, 2) keterampilan guru PNS dalam berkomunikasi dengan siswa terbukti lebih baik daripada guru non-PNS, 3) Bimbingan guru diperlukan mengenai keterampilan komunikasi dengan siswa.


 


Kata Kunci: Keterampilan Guru, Komunikasi, Peserta Didik


 

Published
2021-03-31
How to Cite
ROSID, Muhamad. Analisis Keterampilan Guru Dalam Komunikasi Dengan Peserta Didik Di SMA Negeri Tegaldlimo Banyuwangi. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 23-26, mar. 2021. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/24510>. Date accessed: 25 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v8i1.24510.