Analisis Permasalahan Guru Terkait Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Biologi Melalui Inkuiri Terbimbing
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru terkait perangkat pembelajaran yangdikembangkan melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing dan untuk mengetahui permasalahan apasaja yang dihadapi oleh guru saat mengembangkan perangkat pembelajaran melalui model inkuiri terbimbing. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis kuantitatif dimana data dibuat dalam bentuk persentase. Sampel penelitian 10 orang guru IPA Biologi yang berasal dari 5 SMP di Balikpapan. Hasil penelitian ini menunjukan kurangnya pemahaman guru terkait perangkat pembelajaran berbasis inkuiri (Silabus, RPP, Handout, LKPD, Media dan Evaluasi) terbimbing dan banyaknya masalah yang dihadapi oleh guru pada saat pengembangan perangkat pembelajaran IPA Biologi mulai dari Silabus, RPP, Handout, LKPD, Media dan Evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa 70% guru pemahaman terkait perangkat pembelajaran masuk dalam kategori kurang dan 75% guru mengalami permasalahan pada saat mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing. Dari hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa perlunya mengadakan sosialisasi dan mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing IPA Biologi SMP.
Kata Kunci: Analisis, Guru, Perangkat Pembelajaran, Inkuiri Terbimbing, Biologi