Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Tema Peristiwa Dalam Kehidupan di SD Muhammadiyah 1 Jember

  • Lutfi Muthoharoh Universitas Jember
  • Yayuk Mardiati Universitas Jember
  • Chumi Zahroul Fitriyah Universitas Jember

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kelas V C pada tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan, subtema 1, pembelajaran 4 di SD Muhammadiyah 1 Jember. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V C SD Muhammadiyah 1 Jember yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil observasi aktivitas belajar secara klasikal pada prasiklus 52,25% (kategori cukup), meningkat menjadi 63,35% (kategori cukup) pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 74,7% (kategori aktif) pada siklus II. Sedangkan untuk hasil belajar secara klasikal pada prasiklus 67,93% (kategori cukup), meningkat menjadi 81,12% (kategori sangat baik) pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 89,35% (kategori sangat baik) pada siklus II. Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Contextual Teaching and Learning pada tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V C SD Muhammadiyah 1 Jember.


 


Kata Kunci: model contextual teaching and learning, aktivitas, hasil belajar siswa


 

Published
2020-07-31
How to Cite
MUTHOHAROH, Lutfi; MARDIATI, Yayuk; ZAHROUL FITRIYAH, Chumi. Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Tema Peristiwa Dalam Kehidupan di SD Muhammadiyah 1 Jember. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 9-12, july 2020. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/22666>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i2.22666.
Section
Articles