Pengembangan Buku Siswa Berbasis Kontekstual Bermuatan Nilai-Nilai Agama Islam Pada Materi Bioteknologi Kelas XII SMA/MA

  • Syarifattul Luthfia Universitas Jember
  • S Suratno Universitas Jember
  • Erlia Narulita Universitas Jember

Abstract


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin pesat sehingga bioteknologi sebagai bidang ilmu pengetahuan harus dikuasai oleh bangsa Indonesia. Namun perkembangan bioteknologi saat ini yang semakin pesat membuat beberapa penerapan melanggar etika dan menimbulkan banyak perdebatan di berbagai bidang sehingga perlu adanya norma yang mengatur penerapannya. Upaya peningkatan mutu pembelajaran bioteknologi dapat ditempuh dengan menggunakan bahan ajar yang bermutu, salah satunya adalah buku siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap (analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi). Nilai validitas buku siswa yang dikembangkan sebesar 83,43% dengan kategori sangat valid. Nilai rata-rata tes keterbacaan dan tingkat kesukaran buku siswa sebesar 91,35% dengan kategori baik. Nilai praktikum buku siswa 80,67% dengan kategori praktis. Buku siswa efektif dalam mempengaruhi siswa untuk mencapai kategori baik dalam ranah kognitif, psikomotor, dan afektif. Hasil ini menunjukkan bahwa buku siswa yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran bioteknologi di kelas XII SMA dan MA di Jember.

Kata Kunci : Buku Siswa, Pendekatan Kontekstual, Nilai Religius, Model ADDIE

 

Published
2020-11-30
How to Cite
LUTHFIA, Syarifattul; SURATNO, S; NARULITA, Erlia. Pengembangan Buku Siswa Berbasis Kontekstual Bermuatan Nilai-Nilai Agama Islam Pada Materi Bioteknologi Kelas XII SMA/MA. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 1-4, nov. 2020. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/21598>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21598.
Section
Articles