LKS Berbasis Analisis Wacana Fisika Dilengkapi Dengan Eksperimen Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA

  • M Misbakhul Munir Universitas Jember
  • S Sutarto Universitas Jember
  • Alex Harijanto Universitas Jember

Abstract

Abstrak. LKS berbasis analisis wacana fisika dilengkapi dengan eksperimen merupakan suatu bahan ajar yang berisi wacana terkait dengan penerapan konsep fisika untuk dianalisis oleh siswa dengan cara berdiskusi, kemudian konsep tersebut dibuktikan oleh siswa dengan melakukan kegiatan eksperimen secara berkelompok di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa di kelas eksperimen dimana siswa menggunakan LKS berbasis analisis wacana fisika dilengkapi dengan eksperimen dan untuk mengkaji perbedaan hasil belajar fisika siswa antara dua kelas (kelas eksperimen dan kontrol). Tipe penelitian ini adalah eksperimen kuasi, menggunakan desain control group post-test only. Penelitian ini telah selesai dilaksanakan di MAN 2 Ponorogo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis data aktivitas belajar siswa menunjukkan 72.48% pada pertemuan 1 dan 68.07 pada pertemuan 2. Secara keseluruhan, aktivitas belajar siswa dari pertemuan 1 dan 2 adalah 70.27%. Hasil analisis data hasil belajar fisika siswa menunjukkan sig.value (1-tailed) adalah 0.02 atau < 0.05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah aktivitas belajar fisika di kelas eksperimen adalah tergolong dalam kategori aktif dan ada perbedaan yang signifikan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.


 


Kata kunci : LKS berbasis analisis wacana fisika, metode eksperimen, aktivitas belajar siswa, hasil belajar fisika

Published
2014-07-01
How to Cite
MUNIR, M Misbakhul; SUTARTO, S; HARIJANTO, Alex. LKS Berbasis Analisis Wacana Fisika Dilengkapi Dengan Eksperimen Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 31-35, july 2014. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/1398>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v1i2.1398.