Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) Pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Kelas XI SMA Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa

  • Diah Pratiwi Universitas Jember
  • s suratno Universitas Jember
  • P Pujiastuti Universitas Jember

Abstract

Pendekatan SAVI adalah proses belajar siswa dengan menggabungkan gerakan fisik dengan aktifitas intelektual dan penggunaan semua indera dapat berpengaruh besar pada pembelajaran. Pendekatan SAVI menggabungkan empat komponen yang berpengaruh pada pembelajaran di kelas.  Keempat cara belajar ini harus ada agar belajar berlangsung optimal. Istilah SAVI kependekan dari Somatic (S) yang bermakna gerakan , Auditory (A) bermakna bahwa belajar dengan mendengarkan, Visual (V) bermakna belajar menggunakan indra mata, Intellectual (I) bermakna bahwa belajar menggunakan kemampuan berpikir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil dari pengembangan bahan biologi dengan pendekatan berbasis Pendekatan SAVI. Pengembangan materi pembelajaran ini menggunakan model Borg and Gall. Sebuah produk yang dihasilkan oleh penelitian ini adalah materi pembelajaran sebagai buku siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa hasil validasi dari validator ahli dinyatakan valid dengan rata-rata 76,92%, dan validator pengguna dinyatakan sangat valid dengan rata-rata 87,98%, uji coba kelompok kecil diperoleh bahwa keterbacaan buku siswa menunjukkan kriteria sangat valid dari komponen keseluruhan yang artinya siswa mampu memahami dengan mudah buku yang dikembangkan dan pada uji coba terbatas diperoleh bahwa respon siswa terhadap buku siswa sangat valid. Ini berarti pada hasil tersebut menunjukkan bahwa rata-rata setiap komponen antara 79,78 -100 sehingga dinyatakan sangat valid. Penggunaan buku siswa berbasis SAVI mampu meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa. Hal ini dapat dilihat dari selisisih rata-rata pretest maupun posttest dan motivasi awal siswa sebelum menggunakan buku siswa dan motivasi akhir siswa setelah menggunakan buku siswa yang mengalami peningkatan.


Kata Kunci : Pendekatan SAVI, biologi, motivasi, hasil belajar

Published
2014-07-01
How to Cite
PRATIWI, Diah; SURATNO, s; PUJIASTUTI, P. Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) Pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Kelas XI SMA Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Edukasi, [S.l.], p. 5-9, july 2014. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/1392>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v1i2.1392.
Section
Articles