Penerapan Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing berbantuan Facebook Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Sub Pokok Bahasan Persegi Panjang dan Persegi kelas VIIE SMP Negeri 2 Tanggul Tahun Ajaran 2013/2014

  • Desy Nurjannah Universitas Jember
  • Dinawati Trapsilasiwi Universitas Jember
  • S Slamin Universitas Jember

Abstract

Abstrak. Penelitian ini diselenggarakan dalam 2 siklus agar dapat menambah aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing berbantuan facebook untuk memberikan kesempatan kepada siswa dalam memberikan kontribusi serta pandangan dan pemikiran dalam berkelompok. Penelitian yang digunakan adalah Class Action Research (CAR) dengan pendekatan yang berkualitas dan berkuantitas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, tes dan wawancara.Hasil penelitian yang dapat menambah aktivitas siswa, hasil pembelajaran yang lengkap dan daya tarik siswa. Dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kegiatan dan hasil belajar siswa.


Kata Kunci : teknik kancing gemerincing, facebook, hasil pembelajaran.

Published
2014-07-31
How to Cite
NURJANNAH, Desy; TRAPSILASIWI, Dinawati; SLAMIN, S. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing berbantuan Facebook Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Sub Pokok Bahasan Persegi Panjang dan Persegi kelas VIIE SMP Negeri 2 Tanggul Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Edukasi, [S.l.], p. 1-4, july 2014. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/1391>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v1i2.1391.
Section
Articles