MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SUGESTIF DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI SISWA KELAS V SDN ARJASA 02 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012/2013

  • Ahmad Utman Subandi Universitas Jember
  • Hari Satrijono Universitas Jember
  • S Suhartiningsih Universitas Jember

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kemampuan menulis karangan narasi sugestif dengan menggunakan media gambar seri. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Arjasa 02 Jember pada siswa kelas V semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengamatan atau observasi, teknik wawancara, teknik tes, dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan persentase hasil belajar siswa yang tergolong tuntas tahap prasiklus sebesar 14%, siklus I sebesar 59%, dan siklus II sebesar 76%. Dengan demikian hasil belajar siswa kelas V SDN Arjasa 02 Jember dalam menulis karangan narasi sugestif antara prasiklus, siklus I dan siklus II mengalami peningkatan.


 


Kata Kunci : karangan narasi sugestif, media gambar seri, dan hasil belajar menulis karangan narasi sugestif.

Published
2014-03-01
How to Cite
SUBANDI, Ahmad Utman; SATRIJONO, Hari; SUHARTININGSIH, S. MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SUGESTIF DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI SISWA KELAS V SDN ARJASA 02 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-4, mar. 2014. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/1024>. Date accessed: 13 nov. 2019. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v1i1.1024.
Section
Articles