Analisis Efisiensi Konsumsi Bahan Bakar dan Emisi CO2 pada Truk Angkut di Operasi Tambang Terbuka
Abstract
Konsumsi bahan bakar dan emisi CO2 dari truk angkut (Haul Truck) di operasi tambang terbuka merupakan masalah penting yang mempengaruhi efisiensi energi dan dampak lingkungan sektor pertambangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efisiensi konsumsi bahan bakar dan emisi CO2 truk angkut dalam kondisi operasional aktual di tambang terbuka, dengan fokus pada pengaruh kondisi jalan tambang, termasuk lebar jalan, tikungan, dan kemiringan. Metode penelitian melibatkan pengumpulan data empiris dari operasi truk angkut di tambang terbuka, termasuk spesifikasi truk, karakteristik jalan, dan variabel operasional. Data dianalisis dengan membandingkan kinerja bahan bakar truk terhadap jalan tambang pada tikungan dan mengevaluasi dampak kondisi jalan terhadap emisi CO2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jalan tambang dengan radius tikungan yang lebih kecil 15,30 m mengkonsumsi bahan bakar sebesar 100 liter/jam dan emisi CO2 sebesar 268 Kg CO2/liter, sedangkan pada radius tikungan yang lebar 32,03 m mengkonsumsi bahan bakar sebesar 50 liter/jam dan emisi CO2 sebesar 134 Kg CO2/liter menyebabkan peningkatan signifikan pada konsumsi bahan bakar dan emisi CO2. Kondisi operasional ini memaksa truk untuk melakukan akselerasi dan deselerasi berulang kali, yang mengurangi efisiensi energi. Penelitian ini menyarankan optimalisasi desain jalan tambang untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi gas rumah kaca. Implikasi dari penelitian ini penting bagi industri tambang, karena dengan perbaikan desain infrastruktur jalan tambang, operator dapat mengurangi konsumsi energi dan berkontribusi pada pencapaian target keberlanjutan.
References
Adha, H. R. (2023). Analisis Konsumsi Bahan Bakar Alat Angkut Ud Quester Cwe 370 Dalam Kegiatan Pengangkutan Bijih Nikel. Indonesian Mining Professionals Journal, 5(1), 7–20. https://doi.org/10.36986/impj.v5i1.57
Awuah-Offei, K., Osei, B., & Askari-Nasab, H. (2011). Awuah-Offei K. et al. Modeling Truck-Shovel Energy Efficiency under Uncertainty.
Bodziony, P., & Patyk, M. (2024). The Influence of the Mining Operation Environment on the Energy Consumption and Technical Availability of Truck Haulage Operations in Surface Mines. Energies , 17(11). https://doi.org/10.3390/en17112654
Choi, Y., & Nieto, A. (2011). Optimal haulage routing of off-road dump trucks in construction and mining sites using Google Earth and a modified least-cost path algorithm. Automation in Construction, 20(7), 982–997. https://doi.org/10.1016/j.autcon.2011.03.015
Hasan, H., & Octariando, R. (2022). The Effect of Road Grade on Dump Truck Fuel Consumption. SAE Technical Papers. https://doi.org/10.4271/2022-01-5030
Kecojevic, V., Komljenovic, D., Kecojevic, V., & Komljenovic, D. (2010). Mınıng engıneerıng Haul truck fuel consumption and CO2 emission under various engine load conditions. www.miningengineeringmagazine.com
Makarova, I., Mavlyautdinova, G., Mavrin, V., Makarov, D., & Barinov, A. (2022). Improving the Environmental Friendliness of the Mining Complex Through Alternative Fuel for Mine Dump Trucks. Transportation Research Procedia, 68, 755–760. https://doi.org/10.1016/j.trpro.2023.02.104
Masih-Tehrani, M., Ebrahimi-Nejad, S., & Dahmardeh, M. (2020). Combined fuel consumption and emission optimization model for heavy construction equipment. Automation in Construction, 110. https://doi.org/10.1016/j.autcon.2019.103007
Meech, J., & Parreira, J. (2013). Predicting wear and temperature of autonomous haulage truck tires. IFAC Proceedings Volumes (IFAC-PapersOnline), 15(PART 1), 142–147. https://doi.org/10.3182/20130825-4-US-2038.00078
Richardson, S., & McIver, J. (2015). Improving Mine Haul Road Roughness to Reduce Haul Truck Fuel Consumption. SAE Technical Papers, 2015-March(March). https://doi.org/10.4271/2015-01-0050
Rodovalho, E., Quaglio, O., Felsch Junior, W. S., Pascual, R., de Tomi, G., & Soares Tenório, J. A. (2020). Reducing GHG emissions through efficient tire consumption in open pit mines. Journal of Cleaner Production, 255. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2020.120185
Saptarini, D. L., Hidayatullah, R., Marul, A., & Suprianto, T. (2024). Effect of Transport Road Slope on Fuel Consumption of Coal Mine Transport Truck. E3S Web of Conferences, 500. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202450003006
Semykina, A., Zagorodnii, N., & Novikov, A. (2022). Study of the effectiveness of the organization of the system of maintenance and repair of quarry transport of mining and processing plants. Transportation Research Procedia, 63, 983–989. https://doi.org/10.1016/j.trpro.2022.06.097
Soofastaei, A., Karimpour, E., Knights, P., & Kizil, M. (2018). Energy-efficient loading and hauling operations. In Green Energy and Technology (Vol. 0, Issue 9783319541983, pp. 121–146). Springer Verlag. https://doi.org/10.1007/978-3-319-54199-0_7
Vera-Burau, A., Álvarez-Ramírez, D., Sanmiquel, L., & Bascompta, M. (2023). A Comparison of the Fuel Consumption and Truck Models in Different Production Scenarios. Applied Sciences (Switzerland), 13(9). https://doi.org/10.3390/app13095769
WALK-AROUND 2. Komatsu HM400-3MO.
Wang, Q., Zhang, R., Lv, S., & Wang, Y. (2021). Open-pit mine truck fuel consumption pattern and application based on multi-dimensional features and XGBoost. Sustainable Energy Technologies and Assessments, 43. https://doi.org/10.1016/j.seta.2020.100977
Wincono, R. R., Horman, J. R., Jurusan, ), Pertambangan, T., Perminyakan, D., Papua, U., Gunung Salju, J., & Amban, M. (2019). Bakar Dump Truck HINO 500 FG 235 JJ. In Jurnal Penelitian Tambang (Vol. 2, Issue 2).