Analisis Komoditas Unggulan dan Strategi Pengembangan Kawasan Minapolitan Kabupaten Banyuwangi (Studi kasus: Kecamatan Muncar)

  • Putri Maria Universitas Jember
  • Badjuri Badjuri Universitas Jember
  • Lilis Yuliati Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komoditas unggulan dan strategi pengembangan kawasan Minapolitan Kabupaten Banyuwangi (Studi kasus: Kecamatan Muncar).  Penelitian ini menggunakan data sekunder  dengan runtun waktu (time series) data perikanan dari Dinas Perikanan dan Kelautan tahun 2010-2016, dan menggunakan kuesioner dan wawancara. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis Location Quetient (LQ) , Dinamic Location Quetient (DLQ) dan analisis SWOT. Hasil dari penelitian ini LQ menunjukkan komoditas perikanan basis di Kecamatan Muncar yaitu komoditas udang, kepiting, ikan layang, ikan kuwe/putihan, rajungan, ikan belanak, ikan lemuru. Komoditas perikanan tersebut merupakan komoditas unggulan yang paling menguntungkan untuk diusahakan dan dikembangkan. DLQ menunjukkan perubahan posisi komoditas perikanan basis di Kecamatan Muncar di masa mendatang dan berpotensial yaitu ekor merah, ikan petek, udang barong, ikan pari, ikan kembung, dan ikan kerapu. dan lain-lain. Hasil analisis SWOT menunjukkan strategi pemerintah untuk mengembangkan kawasan Minapolitan dengan strategi peningkatan sarana dan prasarana yang mendukung subsektor perikanan agar mampu bersaing dengan komoditas perikanan daerah lainnya.


 

Published
2020-03-05
How to Cite
MARIA, Putri; BADJURI, Badjuri; YULIATI, Lilis. Analisis Komoditas Unggulan dan Strategi Pengembangan Kawasan Minapolitan Kabupaten Banyuwangi (Studi kasus: Kecamatan Muncar). Jurnal Ekuilibrium, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 12-30, mar. 2020. ISSN 2722-211X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEK/article/view/19266>. Date accessed: 06 may 2024.