Analisis Manajemen Resiko Korupsi dalam Penyelundupan Senjata dan Pencucian Uang

  • Bayu Agung Irawan Universitas Jember
  • Septian Tri Ambarwati Universitas Jember
  • Ninis Fauziah Universitas Jember
  • Alifah Ainun Nisa Universitas Jember

Abstract

ABSTRACT


Manajemen risiko adalah suatu pendekatan sistematis dalam mengidentifikasi, menganalisis, mengevaluasi, dan mengelola risiko-risiko yang terkait dengan suatu aktivitas yang salah satunya adalah penyelundupan senjata dan pencucian uang adalah dua kejahatan yang saling terkait dan sering terjadi bersamaan. Penyelundupan senjata dapat digunakan untuk memfasilitasi pencucian uang, sementara pencucian uang dapat digunakan untuk membiayai perdagangan senjata ilegal. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe penelitian hukum atau biasa  disebut  dengan legal  research yang merupakan  penelitian  dengan  tujuan  untuk memecahkan   isu   hukum   dalam   masyarakat   dan   menentukan   jawaban   yang   tepat berdasarkan    undang-undang. Masyarakat yang menikmati "uang haram" secara tidak langsung memberi kesempatan bagi Organized Crime  membangun sistem usaha yang ilegal, seperti penyelundupan senjata. Tulisan ini berfokus pada pengelolaan lalu lintas Money Laundering sebagai istilah yang pertama kali dipakai di Amerika Serikat yang tertuju ke pencucian hak milik Mafia, yakni hasil usaha yang dimiliki secara illegal dicampurkan dengan tujuan membuat semua hasil tersebut seakan didapatkan dari sumber yang legal. Berhubungan dengan pencucian uang, yang mana jenis kejahatan ini jika dilihat sekilas pada halnya adalah urusan keperdataan seorang yang menyimpan uang di bank maupun tanam saham disuatu perusahaan atau di bidang lainnya atau bahkan di lembaga pendidikan, sehingga sulit pula (bagi orang awam) mengatakannya sebagai kejahatan.


 

Published
2024-02-19
How to Cite
IRAWAN, Bayu Agung et al. Analisis Manajemen Resiko Korupsi dalam Penyelundupan Senjata dan Pencucian Uang. JURNAL ANTI KORUPSI, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 67-81, feb. 2024. ISSN 2986-0741. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JAK/article/view/38818>. Date accessed: 19 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jak.v4i1.38818.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.