Peran Civitas Akademika dalam Pencegahan Korupsi di Kalangan Akademik Kampus

  • Hafit Hafit Universitas Jember
  • Rea Nuresa Mawarda Universitas Jember
  • Yesa Masayu Universitas Jember
  • Riski Afika Universitas Jember
  • Allya Permata Wibisono Universitas Jember
  • Nafasya Dinda Permata Universitas Jember
  • Laverna Jasmine Setiawan Universitas Jember
  • Dyah Ajeng Puspa Fadillah Universitas Jember
  • Shahrny Nisrina Arifah Tausha Universitas Jember

Abstract

Pencegahan tindak pidana korupsi menjadi perhatian penting karena dapat mengancam integritas institusi pendidikan dan menimbulkan kerugian yang signifikan bagi masyarakat. Upaya pencegahan korupsi tidak dapat hanya mengandalkan institusi penegaak hukum. Masyarakat juga turut andil didalamnya dengan membangun budaya anti korupsi sebagai faktor penting dalam upaya pencegahan korupsi. Dosen, tenaga pendidik, serta mahasiswa sebagai salah satu elemen masyarakat diharapkan dapat berpartisipasi sebagai agen perubahan dan penggerak gerakan anti korupsi di masyarakat. Mahasiswa perlu dibekali pengetahuan yang cukup mengenai seluk beluk korupsi serta pemberantasannya. Dengan adanya pendidikan anti korupsi bertujuan agar mahasiswa dapat mengetahui lebih mendalam mengenai korupsi yang terjadi serta upaya untuk mencegahnya. Pencegahan tindak pidana korupsi perlu dilakukan melalui pendidikan karakter dan pengembangan integritas yang diwujudkan dalam tindakan nyata seperti transparansi, akuntabilitas, dan kepatuhan terhadap aturan dan etika. Pencegahan tipikor di kampus tidak dapat dilakukan sendiri oleh satu pihak, melainkan membutuhkan kolaborasi dan kerjasama yang erat dari semua pihak di lingkungan kampus. Artikel ini akan menjelaskan mengenai upaya yang dapat dilakukan oleh dosen, tenaga pendidik serta mahasiswa dalam pencegahan tindak pidana korupsi.


KEYWORDS: civitas akademika, pencegahan, korupsi.

Published
2024-02-19
How to Cite
HAFIT, Hafit et al. Peran Civitas Akademika dalam Pencegahan Korupsi di Kalangan Akademik Kampus. JURNAL ANTI KORUPSI, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 50-66, feb. 2024. ISSN 2986-0741. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JAK/article/view/38797>. Date accessed: 19 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jak.v4i1.38797.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.