Indikator Delik Suap dan Gratifikasi

Studi Literatur dalam Rangka Penanggulangan Tindak Pidana Korupsi

  • Ilham Febrio Universitas Jember
  • Ahmad Fist Cal Baihaqi Universitas Jember
  • Kusma Febri Handayani Universitas Jember
  • Achelira Azhara Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis makna tindak pidana suap dan gratifikasi dalam konteks tindak pidana korupsi. Tindak pidana suap dan gratifikasi menjadi perhatian khusus karena keduanya sering menjadi sumber utama korupsi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis dengan pengumpulan data melalui studi pustaka dan analisis kasus terkait suap dan gratifikasi dalam korupsi di Indonesia. Hasil analisis menunjukkan bahwa makna suap dan gratifikasi dalam konteks korupsi dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu, seperti budaya politik, hukum, sistem, peraturan, dan norma sosial. Selain itu, terdapat perbedaan makna antara delik suap dan gratifikasi, meskipun sering terjadi pada tindak pidana korupsi Penegakan hukum terhadap suap dan gratifikasi dalam rangka tindak pidana korupsi di Indonesia masih menghadapi berbagai kendala, seperti keterbatasan sumber daya manusia. politisasi penegakan hukum, dan lemahnya kerjasama antar lembaga. Oleh karena itu, diperlukan upaya yang lebih serius dan tegas dalam korupsi. Kajian ini merekomendasikan beberapa solusi untuk meningkatkan efektivitas penegakan hukum pemberantasan korupsi, seperti peningkatan kualitas sumber daya manusia, penguatan integritas dan akuntabilitas, serta perbaikan sistem pengawasan dan regulasi. Diharapkan penegakan hukum terhadap tindak pidana suap dan gratifikasi dapat lebih efektif dan efisien dalam pencegahan korupsi di masa mendatang.

Published
2024-02-19
How to Cite
FEBRIO, Ilham et al. Indikator Delik Suap dan Gratifikasi. JURNAL ANTI KORUPSI, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 1-19, feb. 2024. ISSN 2986-0741. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JAK/article/view/38560>. Date accessed: 19 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jak.v4i1.38560.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.