Analisa SWOT untuk Strategi Pengembangan Teknologi Informasi pada Koperasi Simpan Pinjam XYZ

  • Oktalia Juwita PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS JEMBER
  • Arief Dwi Hartadi School of Information System (SIS) Universitas Bina Nusantara Jakarta

Abstract

Koperasi Simpan Pinjam XYZ merupakan salah satu Koperasi Simpan Pinjam yang sedang berkembang saat ini. Sejalan dengan perkembangannya saat ini, Koperasi Simpan Pinjam XYZ harus bisa melihat pesaing dan dunia teknologi modern mengingat Teknologi Informasi menjadi salah satu nilai jual pasar yang tidak kalah pentingnya dengan produk dan pelayanan. Perkembangan dunia Teknologi Informasi yang sangat cepat membuat perkembangan Teknologi Informasi Koperasi Simpan Pinjam XYZ masih di bawah rata-rata walaupun secara kewilayahan dan operasional Koperasi Simpan Pinjam XYZ masih lebih baik dari Koperasi Simpan Pinjam lainnya. Oleh karena itu dibutuhkan pemanfaatan Teknologi Informasi yang disusun dengan baik dan mengadopsi Teknologi Informasi modern yang di dukung dengan SDM yang handal sehingga akan membantu proses bisnis Koperasi Simpan Pinjam XYZ kedepan. Untuk dapat mengembangkan Teknologi Informasi yang ada pada Koperasi Simpan Pinjam XYZ diperlukan evaluasi untuk berbenah dalam membangun sistem yang handal dan terpadu salah satunya dengan menggunakan analisa SWOT. Ada empat aspek yang akan ditinjau, yaitu: kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunities) dan ancaman (threats). Pada setiap aspek tersebut di buat 4 indikator utama yaitu Sistem, Infrastruktur, Aplikasi dan SDM. Dari hasil analisa SWOT yang dilakukan, didapatkan 16 startegi S-O, 8 strategi S-T, 5 strategi W-O, dan 6 strategi W-T.

 

XYZ Credit Union is one of the Credit Union that are developing at this time. In line with the current development, XYZ Credit Union should be able to see the competitors and modern technology which is the information technology became one of the selling points of the market besides products and service. The development of the Information Technology rapidly made the development of Information Technology and XYZ Credit Union is still below average although in terms of areal better. Therefore required the utilization of information technology are arranged well andadopt modern information Technologies are supported with reliable human resources so that will help the process of business lending XYZ Credit Union. To be able to develop the existing Information Technology at XYZ Credit Unions, evaluation is needed to improve in building a reliable and integrated system one of which uses SWOT analysis. There are four aspects will be reviewed, including: strengths, weaknesses, opportunities, and threats. In each of these aspects made four main indicators: Systems, Infrastructure, Applications and HR. SWOT analysis of the results, obtained 16 S-O strategies, 8 S-T strategies, 5 W-O strategies and 6 W-T strategies.

 

Published
2016-03-31
How to Cite
JUWITA, Oktalia; DWI HARTADI, Arief. Analisa SWOT untuk Strategi Pengembangan Teknologi Informasi pada Koperasi Simpan Pinjam XYZ. INFORMAL: Informatics Journal, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 10 - 13, mar. 2016. ISSN 2503-250X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/INFORMAL/article/view/2502>. Date accessed: 16 apr. 2024.

Keywords

SWOT analysis; Information Technology development strategy