HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA KURSUS KOMPUTER DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN (LKP) STICOM EL RAHMA JEMBER
Abstract
Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan suatu kursus dan pelatihan ialah terletak pada penggunaan metode
yang digunakan. Ketepatan dalam memilih dan menggunakan metode pelatihan sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar
pada peserta kursus. Metode pada dasarnya dapat diartikan sebagai cara-cara yang perlu dipilih dan digunakan untuk
mengoptimalkan ketercapaian tujuan pembelajaran.Terdapat banyak macam metode dalam kursus dan pelatihan, salah
satunya adalah metode problem based learning (PBL), merupakan suatu pendekatan yang digunakan untuk merangsang
berfikir tingkat tinggi dalam situasi yang terorientasi pada masalah dunia nyata. Namun yang perlu diketahui adalah adakah
hubungan antara penerapan metode problem based learning dengan motivasi belajar peserta kursus komputer. Sehingga
perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara penerapan metode problem
based learning dengan motivasi belajar peserta kursus komputer. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional
dengan pendekatan kuantitatif, tekhnik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan kepustakaan. Dan
selanjutnya dianalisis menggunakan rumus korelasi Tata jenjang. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa r hitung >
r tabel, yakni 0,940 > 0,591, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara penerapan metode problem based
learning dengan motivasi belajar peserta kursus komputer di Lembaga kursus dan Pelatihan Sticom El Rahma Jember.
Selanjutnya sebagai saran supaya metode problem based learning ini dapat dipertahankan dan dikembangkan serta di
menejemen yang lebih baik lagi untuk kedepanya.