HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA KURSUS KOMPUTER DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN (LKP) STICOM EL RAHMA JEMBER

  • Mutadim Wahyudi Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Arief Tukiman Hendrawijaya Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Deditiani Tri Indrianti Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Abstract

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan suatu kursus dan pelatihan ialah terletak pada penggunaan metode
yang digunakan. Ketepatan dalam memilih dan menggunakan metode pelatihan sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar
pada  peserta  kursus.  Metode  pada  dasarnya  dapat  diartikan sebagai  cara-cara  yang perlu dipilih dan digunakan untuk
mengoptimalkan  ketercapaian  tujuan  pembelajaran.Terdapat  banyak  macam metode  dalam kursus  dan  pelatihan,  salah
satunya adalah metode  problem based learning  (PBL),  merupakan suatu pendekatan yang digunakan untuk merangsang
berfikir tingkat tinggi dalam situasi yang terorientasi pada masalah dunia nyata. Namun yang perlu diketahui adalah adakah
hubungan antara penerapan metode  problem based learning dengan motivasi belajar  peserta kursus komputer.  Sehingga
perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara penerapan metode problem
based learning dengan motivasi  belajar peserta kursus komputer. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional
dengan  pendekatan  kuantitatif,  tekhnik  pengumpulan  data  menggunakan  angket,  dokumentasi  dan  kepustakaan.  Dan
selanjutnya dianalisis  menggunakan rumus korelasi Tata jenjang. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa r hitung >
r tabel,  yakni 0,940 > 0,591, sehingga dapat  disimpulkan bahwa ada hubungan antara penerapan metode  problem based
learning dengan motivasi belajar  peserta kursus komputer  di Lembaga kursus dan Pelatihan Sticom El Rahma Jember.
Selanjutnya  sebagai  saran supaya  metode  problem based learning ini  dapat  dipertahankan dan dikembangkan serta di
menejemen yang lebih baik lagi untuk kedepanya.

Published
2018-05-25
How to Cite
WAHYUDI, Mutadim; HENDRAWIJAYA, Arief Tukiman; INDRIANTI, Deditiani Tri. HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA KURSUS KOMPUTER DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN (LKP) STICOM EL RAHMA JEMBER. Jurnal Edukasi Masyarakat, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 36-38, may 2018. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/EDUMAS/article/view/8148>. Date accessed: 17 feb. 2019.