HUBUNGAN ANTARA MANAJEMEN PELATIHAN DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA PELATIHAN SEPAK BOLA DI SEKOLAH SEPAK BOLA BINA BOLA DI KABUPATEN JEMBER

  • Haris Perdana Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Marijono Marijono Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Niswatul Imsiyah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Abstract


Pelatihan pada hakikatnya adalah sebagai kegiatan untuk memperbaiki kemampuan karyawan dengan cara meningkatkan pengetahuan, keterampilan operasional, serta sikapnya dalam menjalani suatu pekerjaan. Untuk meningkatkan efektifitas efisiensi pelatihan mewujudkan kompetensi dan produktifitas karyawan yang tinggi maka sangat diperlukan pengelola sumber daya manusia yang baik pula (Soeprihanto, 1988:85). Sekolah Sepak Bola Bina Bola yang ada di Kabupaten Jember ini mempunyai peserta didik yang berbakat dalam bermain sepak bola tetapi dari segi penanganan nya masih belum bisa dikatakan baik, apalagi Sekolah Sepak Bola Bina Bola yang ada di Kabupaten Jember ini adalah Sekolah Sepak Bola pertama yang ada di Kabupaten Jember tidak heran jika SSB ini mempunyai banyak prestasi di tingkat Kabupaten maupun Provinsi. Sekolah Sepak bola Bina Bola bertujuan untuk mengembangkan potensi anak khususnya dalam bermain Sepak Bola. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Adakah Hubungan antara Manajemen pelatihan dengan Hasil Belajar peserta pelatihan sepak bola di Sekolah Sepak Bola Bina Bola di Kabupaten Jember. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada Hubungan antara Manajemen Pelatihan dengan Hasil Belajar peserta pelatihan sepak bola di Sekolah Sepak Bola Bina Bola di Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Korelasional dengan metode pendekatan kuantitatif. Sumber data yang didapat berasal dari peserta pelatihan dan pendukung. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Angket, observasi, dan dokumentasi, Analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi tata jenjang yaitu untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara Manajemen pelatihan dengan Hasil Belajarnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa hubungan antara Manajemen pelatihan dengan Hasil belajar sebesar 0,870. Nilai tersebut di atas r tabel yaitu 0,392. Maka dapat disimpulkan bahwa ada Hubungan antara Manajemen Pelatihan dengan Hasil Belajar peserta pelatihan sepak bola di Sekolah Sepak Bola Bina Bola di Kabupaten Jember.


 

Published
2018-05-25
How to Cite
PERDANA, Haris; MARIJONO, Marijono; IMSIYAH, Niswatul. HUBUNGAN ANTARA MANAJEMEN PELATIHAN DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA PELATIHAN SEPAK BOLA DI SEKOLAH SEPAK BOLA BINA BOLA DI KABUPATEN JEMBER. Jurnal Edukasi Masyarakat, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 33-35, may 2018. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/EDUMAS/article/view/8146>. Date accessed: 23 aug. 2019.