STUDI KORELASI ANTARA MANAJEMEN KELAS DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI POS PAUD CATLEYA 62 KELURAHAN ANTIROGO KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Manajemen kelas adalah usaha sadar untuk mengatur kegiatan proses belajar mengajar yang sistematis yang mengarah pada
penyiapan sarana dan alat peraga, pengaturan ruang belajar guna mewujudkan situasi belajar-mengajar yang kondusif dan
tujuan kurikuler dapat tercapai. Berdasarkan latar belakang masalah, maka peneliti dapat merumuskan masalah yaitu adakah
korelasi antara manajemen kelas dengan perkembangan kognitif anak usia dini di Pos PAUD Catleya 62 Kelurahan Antirogo
Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara manajemen
kelas dengan perkembangan kognitif anak usia dini di Pos PAUD Catleya 62 kelurahan Antirogo Kecamatan Sumbersari
Kabupaten Jember. Manfaat dari penelitian ini yaitu dapat menjadi bahan pertimbangan wacana informasi dan referensi
literatur bagi pengembangan penelitian di bidang pendidikan khususnya Pendidikan Luar Sekolah. Penelitian ini merupakan
penelitian korelasional yang pengambilan datanya menggunakan instrumen berupa lembar observasi dan dokumentasi
kemudian dianalisis dengan rumus korelasi tata jenjang. Dari proses tersebut diketahui adanya hubungan yang signifikan
antara kedua variabel yang menunjukkan bahwa r
hitung
sebesar 0,847. Jika dikonsultasikan dengan harga r kritik sebesar 0,544
pada taraf kepercayaan 95% , akan menunjukkan bahwa r
hitung
≥ r
kritik
, = 0,847 ≥. Dan jika dipersentasikan manajemen kelas
memberikan kontribusi terhadap perkembangan kognitif anak usia dini sebesar 71,74%, sedangkan sisanya 28, 26% lainnya
dipengaruhi oleh faktor lain. Saran untuk pengelola lembaga Pos PAUD Catleya 62, hendaknya meningkatkan kualitas Pos
PAUD terutama pada manajemen kelas yang menyangkut sarana dan prasarana, sehingga anak didik dapat mengembangkan
kemampuannya.