STUDI KORELASI ANTARA MANAJEMEN KELAS DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI POS PAUD CATLEYA 62 KELURAHAN ANTIROGO KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER

  • Dian Nurseptiana Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Arief Tukiman Hendrawijaya Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Niswatul Imsiyah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Abstract

Manajemen kelas adalah usaha sadar untuk mengatur kegiatan proses belajar mengajar yang sistematis yang mengarah pada
penyiapan sarana dan alat peraga, pengaturan ruang belajar  guna mewujudkan situasi  belajar-mengajar yang kondusif dan
tujuan kurikuler dapat tercapai. Berdasarkan latar belakang masalah, maka peneliti dapat merumuskan masalah yaitu adakah
korelasi antara manajemen kelas dengan perkembangan kognitif anak usia dini di Pos PAUD Catleya 62 Kelurahan Antirogo
Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember?.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara manajemen
kelas dengan perkembangan kognitif  anak usia dini  di Pos PAUD Catleya  62 kelurahan Antirogo Kecamatan Sumbersari
Kabupaten Jember. Manfaat  dari  penelitian ini yaitu dapat  menjadi bahan pertimbangan wacana informasi  dan referensi
literatur bagi pengembangan penelitian di bidang pendidikan khususnya Pendidikan Luar Sekolah.  Penelitian ini merupakan
penelitian  korelasional  yang  pengambilan  datanya  menggunakan  instrumen  berupa  lembar  observasi  dan  dokumentasi
kemudian dianalisis dengan rumus korelasi tata jenjang.  Dari proses tersebut diketahui adanya hubungan  yang signifikan
antara kedua variabel yang menunjukkan bahwa r
hitung
 sebesar 0,847. Jika dikonsultasikan dengan harga r kritik sebesar 0,544
pada taraf kepercayaan 95% , akan menunjukkan bahwa r
hitung
 ≥ r
kritik
, = 0,847 ≥. Dan jika dipersentasikan manajemen kelas
memberikan kontribusi terhadap perkembangan kognitif anak usia dini sebesar 71,74%, sedangkan sisanya 28, 26% lainnya
dipengaruhi oleh faktor lain. Saran untuk pengelola lembaga Pos PAUD Catleya 62, hendaknya meningkatkan kualitas Pos
PAUD terutama pada manajemen kelas yang menyangkut sarana dan prasarana, sehingga anak didik dapat mengembangkan
kemampuannya. 

Published
2018-05-25
How to Cite
NURSEPTIANA, Dian; HENDRAWIJAYA, Arief Tukiman; IMSIYAH, Niswatul. STUDI KORELASI ANTARA MANAJEMEN KELAS DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI POS PAUD CATLEYA 62 KELURAHAN ANTIROGO KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER. Jurnal Edukasi Masyarakat, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 20-22, may 2018. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/EDUMAS/article/view/8141>. Date accessed: 23 aug. 2019.