HUBUNGAN ANTARA PENERAPAN METODE BCCT (BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME) DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PAUD TUNAS BANGSA BONDOWOSO TAHUN 2014/2015

  • Any Diana Vitasari Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Arief Tukiman Hendrawijaya Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Deditiani Tri Indrianti Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Abstract

Abstrak


Metode BCCT (Beyond Centers And Circle Time) adalah suatu pendekatan pembelajaran untuk pendidikan anak usia dini yang memperhatikan kebutuhan dan minat anak sehingga anak bebas bereksplorasi untuk mengembangkan seluruh aspek kecerdasan anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya Hubungan Antara Penerapan Metode BCCT (Beyond Centers And Circle Time) Dengan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 3-4 Tahun Di PAUD Tunas Bangsa Bondowos Tahun 2014/2015. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan kepustakaan. Analisis data yaitu dengan menggunakankorelasi tata jenjang. Hasil dari penelitian ini bahwa terdapat hubungan sangat kuat yang diperoleh pada penerapan metode BCCT (Beyond Centers And Circle Time) dengan perkembangan motorik kasar anak yaitu sebesar 0.913 yang terdapat pada aspek berjalan sambil berjinjit, melayang sesaat di udara, dan mempertahankan seluruh tubuh sedangkan pada hasil korelasi total sebesar 0.924. Dapat disimpulkan bahwa r hitung berada di atas r tabel yang dikatakan terdapat hubungan yang sangat kuat pada penerapan metode BCCT dengan perkembangan motorik kasar anak usia 3-4 tahun di PAUD Tunas Bangsa Bondowoso tahun 2014/2015.


 

Published
2018-05-25
How to Cite
VITASARI, Any Diana; HENDRAWIJAYA, Arief Tukiman; INDRIANTI, Deditiani Tri. HUBUNGAN ANTARA PENERAPAN METODE BCCT (BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME) DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PAUD TUNAS BANGSA BONDOWOSO TAHUN 2014/2015. Jurnal Edukasi Masyarakat, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 17-19, may 2018. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/EDUMAS/article/view/8139>. Date accessed: 17 feb. 2019.