Hubungan Antara Pengembangan Kurikulum Hantaran dengan Hasil Belajar Peserta Pelatihan Hantaran Level I di Lembaga Kursus dan Pelatihan Parcelia Kabupaten Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Pengembangan Kurikulum Hantaran dengan Hasil Belajar Peserta Pelatihan Hantaran Level I di Lembaga Kursus dan Pelatihan Parcelia Kabupaten Jember. Penelitian ini merupakan penelitian Korelasional. Teknik penentuan responden menggunakan teknik populasi sebanyak 15 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode angket, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis korelasi tata jenjang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara pengembangan kurikulum hantaran dengan hasil belajar peserta pelatihan, dibuktikan harga r hitung (0,739) yang lebih besar dari pada r table (0,505). Hasil ini didukung dengan hasil analisis tiap indikator. Terdapat hubungan positif antara tujuan pembelajaran dengan nilai teori, dibuktikan harga r hitung (0,619). Terdapat hubungan positif antara tujuan pembelajaran dengan nilai praktik, dibuktikan harga r hitung (0,571). Terdapat hubungan positif antara bahan ajar dengan nilai teori, dibuktikan harga r (0,616). Terdapat hubungan positif antara bahan ajar dengan nilai praktik, dibuktikan harga r (0,427). Terdapat hubungan positif antara strategi pembelajaran dengan nilai teori, dibuktikan harga r hitung (0,553). Terdapat hubungan positif antara strategi pembelajaran dengan nilai teori, dibuktikan harga r hitung (0,450). Pengembangan kurikulum memberikan kontribusi sebesar 55% terhadap hasil belajar peserta pelatihan hantaran level I di LKP Parcelia, sedangkan sisanya yakni 45 % dipengaruhi oleh faktor lain. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Ha yang berbunyi ada hubungan antara pegembangan kurikulum hantaran dengan hasil belajar peserta pelatihan hantaran level I di Lembaga Kursus dan Pelatihan Parelia Kabupaten Jember diterima.