Hubungan Antara Pengembangan Kurikulum Hantaran dengan Hasil Belajar Peserta Pelatihan Hantaran Level I di Lembaga Kursus dan Pelatihan Parcelia Kabupaten Jember

  • Silvia Lorenza Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Arief Tukiman Hendrawijaya Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Deditiani Tri Indrianti Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk mengetahui  hubungan  antara  Pengembangan  Kurikulum Hantaran  dengan  Hasil  Belajar Peserta Pelatihan Hantaran Level I di Lembaga Kursus dan Pelatihan Parcelia Kabupaten Jember. Penelitian ini merupakan penelitian Korelasional. Teknik penentuan responden menggunakan teknik populasi sebanyak 15 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode angket, observasi, dan dokumentasiMetode analisis yang digunakan adalah analisis korelasi tata jenjang.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat  hubungan positif antara pengembangan kurikulum hantaran dengan hasil belajar peserta pelatihan, dibuktikan harga r hitung (0,739) yang lebih besar dari pada r  table (0,505). Hasil ini didukung dengan hasil  analisis  tiap indikator.  Terdapat  hubungan positif  antara tujuan pembelajaran dengan nilai  teori, dibuktikan harga r hitung (0,619).  Terdapat  hubungan positif antara tujuan pembelajaran dengan nilai  praktik, dibuktikan harga r hitung (0,571).  Terdapat  hubungan positif antara bahan ajar  dengan nilai  teori,  dibuktikan harga r   (0,616). Terdapat  hubungan positif  antara bahan ajar  dengan nilai  praktik, dibuktikan harga r  (0,427).  Terdapat  hubungan positif antara strategi pembelajaran dengan nilai teori, dibuktikan harga r  hitung (0,553).  Terdapat hubungan positif antara strategi pembelajaran dengan nilai teori, dibuktikan harga r hitung (0,450). Pengembangan kurikulum memberikan kontribusi sebesar  55% terhadap hasil  belajar  peserta pelatihan hantaran level  I  di  LKP Parcelia,  sedangkan sisanya yakni 45 % dipengaruhi oleh faktor lain. Kesimpulan dari  penelitian ini adalah Ha yang berbunyi  ada hubungan antara pegembangan kurikulum hantaran  dengan  hasil  belajar  peserta  pelatihan hantaran  level  I  di  Lembaga  Kursus  dan Pelatihan Parelia Kabupaten Jember diterima.

Published
2018-05-25
How to Cite
LORENZA, Silvia; HENDRAWIJAYA, Arief Tukiman; INDRIANTI, Deditiani Tri. Hubungan Antara Pengembangan Kurikulum Hantaran dengan Hasil Belajar Peserta Pelatihan Hantaran Level I di Lembaga Kursus dan Pelatihan Parcelia Kabupaten Jember. Jurnal Edukasi Masyarakat, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 10-13, may 2018. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/EDUMAS/article/view/8137>. Date accessed: 23 aug. 2019.