PERANAN KEGIATAN MATARSA (MASA TA`ARUF SANTRI) TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN MAHASISWA (PPM) ATH-THOYBAH KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER

  • Siti Fatimah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Arief Tukiman Hendrawijaya Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember
  • Niswatul Imsiyah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Abstract

Kegiatan Matarsa (masa ta`aruf santri)  merupakan suatu kegiatan yang diselenggarakan di  salah satu pondok pesantren
mahasiswa di jember yaitu Ath-thoybah. Matarsa ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan untuk menyambut para
santri baru yang hendak tinggal di pondok pesantren dan sekaligus sebagai  wahana pendidikan karakter santri untuk bisa
menjadi  insan yang lebih baik lagi  kedepannya.  Rumusan masalah dalam penelitian ini  adalah bagaimanakah peranan
kegiatan matarsa (masa ta`aruf santri)  terhadap pendidikan karakter  santri  di  pondok pesantren mahasiswa (PPM) Ath-
thoybah?,  sedangkan tujuan dari  penelitian ini  adalah untuk mengetahui dan mengkaji  peranan kegiatan matarsa (masa
ta`aruf  santri)  terhadap  pendidikan karakter  santri  di  pondok pesantren  mahasiswa (PPM) Ath-thoybah.  Penelitian  ini
menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang didapat berasal dari informan kunci
dan pendukung. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan menggunakan
beberapa  teknik  pengolahan  data,  yakni  perpanjangan  keikutsertaan,  ketekunan  pengamatan,  dan  triangulasi.  Dalam
penelitian ini, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis
model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan tahap pengambilan keputusan. Hasil
dari penelitian ini menunjukkan bahwa melalui proses orientasi dan adaptasi selama kegiatan Matarsa (Masa ta`aruf santri)
telah  mampu atau  berperan  dalam menumbuhkan nilai  karakter  religius,  mandiri,  serta  tanggung jawab  santri.  Dapat
disimpulkan bahwa adanya peranan kegiatan matarsa (masa ta`aruf santri) terhadap pendidikan karakter santri di PPM Aththoybah.
 Saran  yang  dapat  diberikan  kepada  pengurus  maupun  pengasuh  PPM ath-thoybah  untuk  menciptakan  atau
menyelenggarakan kegiatan matarsa yang lebih baik lagi  dan berkualitas untuk kedepannya sehingga mampu melahirkan
generasi-generasi muda yang berkarakter luhur, dan untuk peneliti lain semoga dapat dimanfaatkan bagi keperluan penelitian
selanjutnya.

Published
2018-05-25
How to Cite
FATIMAH, Siti; HENDRAWIJAYA, Arief Tukiman; IMSIYAH, Niswatul. PERANAN KEGIATAN MATARSA (MASA TA`ARUF SANTRI) TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN MAHASISWA (PPM) ATH-THOYBAH KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER. Jurnal Edukasi Masyarakat, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 7-9, may 2018. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/EDUMAS/article/view/8123>. Date accessed: 24 apr. 2019.