PERAN PENDIDIK TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI POS PAUD CEMPAKA PUTIH KECAMATAN BANYUPUTIH KABUPATEN SITUBONDO
Abstract
Perkembangan sosial anak sangat dipengaruhi oleh kondisi anak, peran orang tua dan lingkungan sosialnya, terutama
peran pendidik. Tugas peran pendidik sebagai fasilitator dan teladan bagi anak dapat membantu dalam memberikan
stimulus kepada anak sehingga interaksi sosial akan berlangsung secara efektif. Rumusan masalah penelitian ini
bagaimana peran pendidik dalam perkembangan sosial anak di POS PAUD Cemapaka Putih Kecamatan Banyuputih
Kabupaten Situbondo, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran pendidik dalam perkembangan sosial
anak di POS PAUD Cemapaka Putih Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo. Penelitian ini menggunakan jenis
penelitian pendekatan kualitatif. Tempat yang dijadikan sebagai tempat penelitian adalah POS PAUD Cempaka Putih
Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo. Penentuan daerah penelitian ini menggunakan metode Purposive Area.
Adapun teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengolahan data menggunakan
perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan trianggulasi. analisis data menggunakan pengumpulan data,
reduksi, penyajian data dan verifikasi/ penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkaan bahwa peran
pendidik sebagai fasilitator dan menjadi teladan bagi anak di POS PAUD Cempaka Putih dalam menanamkan nilai-nilai
sosial berupa sikap kerjasama, sikap disiplin dan rasa empati anak.