Implementasi Kebijakan Program Petani Mandiri Terhadap Kebermanfaatan dalam Peningkatan Kesejahteraan Ekonomi Petani di Desa Dander Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro

  • Andan Pusposeruni Universitas Jember
  • Boedijono Boedijono Universitas Jember
  • Suji Suji Universitas Jember

Abstract

Program Petani Mandiri (PPM) adalah bantan hibah berupa barang kepada petani untuk memberikan kesejahteraan dan kemandirian petan. Penelitian ini mengkaji tentang implementasi kebijakan Program Petani Mandiri terhadap kebermanfaatan dalam penngkatan kesejahteraan petani di Desa Dander, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Melalui wawancara dengan 2 ornag penyuluh pertanian dan 6 orang pengurus kelompok tani di Desa Dander ditemukan beberapa permasalahan dalam implementasi bantuan hibah uang Program Petani Mandiri, yaitu komunikasi antara implementor dengan kelompok sasaran dan kurangnya kompetensi pengurus kelompok tani sehingga menghambat implementasi bantuan hibah uang Program Petani Mandiri. Selain itu baik sebelum maupun setelah Program Petani Mandiri dilaksanakan, tidak ada perubahan perilaku petani di Desa Dander yang menunjukkan ciri petani mandiri. Pemberian bantuan berupa benih dan pupuk dapat dikatakan kurang bermanfaat apabila tidak ada perubahan perilaku yang mengarah pada kemandirian petani.

Published
2024-02-29
How to Cite
PUSPOSERUNI, Andan; BOEDIJONO, Boedijono; SUJI, Suji. Implementasi Kebijakan Program Petani Mandiri Terhadap Kebermanfaatan dalam Peningkatan Kesejahteraan Ekonomi Petani di Desa Dander Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro. Electronical Journal of Social and Political Sciences (E-SOSPOL), [S.l.], v. 11, n. 1, p. 1-14, feb. 2024. ISSN 2830-3903. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/E-SOS/article/view/45370>. Date accessed: 27 july 2024. doi: https://doi.org/10.19184/e-sospol.v11i1.45370.