Agrowisata Dampak Optimalisasi Pengembangan Destinasi Agrowisata Petik Buah Jeruk Tehadap Kesejahteraan Sosial Masyarakat

Studi Deskriptif di Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur

  • Annisa Ray Arahmah Universitas Jember
  • Syech Hariyono Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Jember
  • Akhmad Munif Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dampak optimalisasi pengembangan destinasiiagrowisata petik buah jerukkterhadap kesejahteraan sosial masyarakattdi Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Optimalisasi pengembangan destinasi agrowisata petik buah jeruk ini secara tidak langsung memberikan dampak kepada masyarakat sekitar. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode kualitatif dan jenis penelitiannya menggunakan deskriptif. Teknik penentuani nforman menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan untuk teknik pengumpulanndata menggunakan teknik non-participant observer, wawancars semi terstruktur dan dokumentasi. Setelah memperoleh data kemudian dilakukan analisis data yang dilakukan beberapa tahapan yaitu tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan setelah itu dilakukan kesimpulan. Dalam memberikan hasil yang akurat perlu dilakukan teknik keabsahan data disini peneliti menggunakan teknik triagulasi sumber agar dapat memberikan hasil yang absolut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi pengembangan berdampak kepada masyarakat yang dapat meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat. Optimalisasi pengembangan destinasi agrowisata ini memberikan dampak terhadap masyarakat sekitar berupa terbukanya lapangan pekerjaan, berkurangnya jumlah pengangguran, terbukanya peluang usaha, peningkatan pendapatan masyarakat dan peningkatan pendidikan juga meningkatnya kesejahteraan sosial masyarakat ke arah yang baik dan sejahtera dari sebelumnya.

Published
2023-12-22
How to Cite
ARAHMAH, Annisa Ray; HARIYONO, Syech; MUNIF, Akhmad. Agrowisata Dampak Optimalisasi Pengembangan Destinasi Agrowisata Petik Buah Jeruk Tehadap Kesejahteraan Sosial Masyarakat. Electronical Journal of Social and Political Sciences (E-SOSPOL), [S.l.], v. 10, n. 4, p. 357-364, dec. 2023. ISSN 2830-3903. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/E-SOS/article/view/43031>. Date accessed: 22 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/e-sospol.v10i4.43031.