Kinerja Aparatur Dalam Pelayanan Kependudukan Di Desa Sumberarum Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui kinerja maupun kualitas pelayanan aparatur pemerintah desa Sumberarum kecamatan Songgon kabupaten Banyuwangi. Kualitas pelayanan di Desa Sumberarum dalam menyiapkan informasi dan bahan yang dibutuhkan kepentingan masyarakat masih kurang optimal. Isu-isu masalah yang kurang optimal dalam pelayanan administrasi yaitu lambatnya dalam mengurus surat-surat yang berkaitan dengan masyarakat setempat. Kinerja aparatur pemerintah desa dan juga kualitas pelayanan yang ada dalam pelaksanaan pelayaan adalah kunci pokok dalam penelitian ini. Pegawai kantor Sumberarum banyak yang tidak memberikan informasi yang baik sehingga mengakibatkan minimnya sumber akses informasi dan komunikasi, kurangnya kedisiplinan pegawai kantor desa yang mengakibatkan pelayanan kependudukan kurang optimal. Fungsi dari aparatur pemerintah desa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, maka aparatur harus memiliki tugastugas yaitu dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat, melindungi ketentraman, dan juga ketertiban yang ada di masyarakat lalu dapat melaksanakan prinsip tata dalam pemerintahan desa yang bersih dan bebas dari kolusi dan juga nepotisme dan menjalankan administrasi pemerintah yang baik dan benar sesuai dengan tugasnya. Kata kunci: administrasi, kinerja, pelayanan publik, kualitas pelayanan
Penulis yang mengusulkan naskahnya untuk dapat diproses penerbitannya pada e-SOSPOL dianggap telah menyetujui beberapa hal sebagai berikut:
1. Penulis tidak dapat menarik naskah yang telah usulkan untuk diproses hingga mendapat jawaban dari Ketua Dewan Penyunting atas status naskah artikel ilmiahnya (diterima atau ditolak untuk diterbitkan).
2. Penerbit tidak bertanggung jawab terhadap kasus plagiasi atas artikel yang terbit pada e-SOSPOL
3. Penerbit tidak bertanggung jawab atas data dan isi dari artikel yang diterbitkan pada e-SOSPOL, dan sepenuhnya merupakan tanggung jawab penulis.